Harga Bawang Kini Rp60.000/kg

id bawang

Harga Bawang Kini Rp60.000/kg

Harga bawang tetap tinggi di Pasar Lelang Bandarlampung. (FOTO ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Bandarlampung kini mencapai Rp55.000- Rp60.000/kg, dan harganya diperkirakan masih berpeluang naik menjelang Lebaran.
    
"Kemarin harga bawang merah masih Rp55.000/kg, hari ini naik lagi menjadi Rp60.000/kg," kata salah satu pedagang bawang, Ivan, di Pasar Lelang Bandarlampung, Jumat.
    
Ia menyebutkan harga bawang merah sebelum kenaikan harga BBM sempat mencapai Rp40.000/kg, namun harganya kini cenderung bergerak naik.
    
"Selain faktor kenaikan harga BBM, kenaikan harga bawang juga dipengaruhi peningkatan permintaan menjelang bulan puasa dan Lebaran," katanya.
    
Para pedagang bawang lainnya di Pasar Lelang juga menyebutkan harga bawang dan kebutuhan pokok lainnya cenderung naik menjelang bulan puasa.
    
Namun harga bawang putih masih stabil di angka Rp30.000- Rp35.000/kg dan bawang bombai Rp35.000- Rp40.000/kg.
     
Guna mengantisipasi kenaikan harga bawang merah dan cabai menjelang Lebaran, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan antisipasi.
     
"Ketersediaan komoditas bawang merah kurang 2.676 ton dan cabai kekurangan 1.407 ton," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Bihikmi Soefian.
    
Menurut dia, dua komoditas tersebut perlu diantisipasi pengadaannya dari luar Provinsi Lampung, seperti Brebes di Jawa Tengah dan sentra bawang merah di Jawa Barat.
    
Ia menjelaskan bahwa ketersediaan sembilan bahan pangan pokok strategis menjelang Ramadhan dan Lebaran tahun 2013, secara keseluruhan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat daerah ini.
   
"Hanya cabai merah, bawang merah, dan kacang tanah saja yang perlu upaya strategis agar tidak sampai terjadi kelangkaan," katanya.
   
Bihikmi mengatakan untuk menghadapi bulan puasa ini, pihaknya telah melakukan upaya pemantauan ketersediaan pangan dan harga di pasar tradisional.