Harga daging sapi di Sumsel tembus Rp164.000/kg

id Daging sapi, naik drastis, Ramadhan 1442 Hijriyah, Pasar Baturaja, rumah potong hewan

Harga daging sapi di Sumsel tembus Rp164.000/kg

Harga daging di Baturaja Sumsel naik drastis menjelang lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah, Senin. (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan sejak beberapa hari terakhir naik menembus angka Rp164.000 per kilogram dari sebelumnya kisaran Rp120.000/Kg.

"Kenaikan harga daging sapi saat ini sangat fantastis," ujar Marta, seorang pedagang daging di Pasar Baru Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Senin.

Menurut dia, harga daging melonjak dipicu karena permintaan masyarakat meningkat selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

Sementara persediaan daging di pasar sangat terbatas karena tidak ada penambahan stok dari agen di luar daerah.

"Di OKU ini tidak ada rumah potong hewan (RPH) sehingga kami hanya mengandalkan pengiriman daging dari luar daerah seperti Palembang dan Ogan Ilir," katanya.

Hal senada dikatakan Herman, pedagang lainnya menambahkan selain daging harga tulang sapi juga saat ini melonjak tajam dari Rp80.000 per kilogram kini menjadi Rp130.000/kg.

Dia memprediksi, harga daging sapi ini akan terus naik mencapai kisaran Rp200.000/Kg pada H-5 hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah nanti.

"Pada H-5 lebaran nanti bisa terjadi, karena masyarakat mulai mencari daging. Biasanya harga daging sapi akan kembali normal sepekan setelah lebaran," ujarnya.