Bandarlampung (ANTARA) - Bawaslu Bandarlampung meminta pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah dilantik segera menyiapkan dan memantapkan diri menjelang hari pemungutan suara pada 27 November 2024.

"Dalam waktu yang singkat menyongsong pemungutan suara, kami harap pengawas TPS dapat memanfaatkan waktu untuk mengasah diri," kata Anggota Bawaslu Bandarlampung Juwita di Bandarlampung, Ahad.

Ia pun mengingatkan kepada 1.433 pengawas TPS agar dapat menjaga kredibilitas dan elektabilitas Bawaslu Bandaralampung beserta jajarannya, karena mereka akan menjadi garda terdepan dalam mengawasi proses pemilihan.

"Segera upgrade diri dengan membaca peraturan perundang-undangan dalam pemungutan dan penghitungan suara. Kemudian jangan lupa pelajari aplikasi yang nanti menjadi tanggungjawab kalian," katanya.

Juwita mengatakan bahwa pengawas TPS yang terpilih ini merupakan orang-orang telah mengikuti seleksi dengan ketat, karena mereka akan bertugas untuk menjamin pelaksanaan demokrasi bersih pada Pilkada Serentak 2024.

"Jumlah pengawas TPS ini sama dengan banyaknya TPS di Bandarlampung yakni 1.433 lokasi. Jadi nanti kami akan menempatkan satu orang pengawas TPS di setiap satu lokasi TPS," kata dia.

Ia juga memaparkan jumlah pengawas TPS yang terpilih sebanyak 1.433 orang, terdiri dari 697 pria dan 736 wanita. Sedangkan jumlah pendaftar mencapai 2.900, dari jumlah pendaftar wanita 1.476 orang dan 1.424 laki-laki.

"Meski pengawas TPS saat ini sudah terpilih dan lolos seleksi administrasi berkas, tapi tahapannya saat ini masih berlangsung yakni tanggapan atau masukan masyarakat terkait rekrutmen pengawas TPS hingga 2 November mendatang," kata dia.

Pilkada Bandarlampung 2024 diikuti oleh dua paslon, yakni nomor urut satu yaitu Reihana-Aryodhia Febriansyah dan nomor urut dua yaitu Eva Dwiana-Deddy Amarullah.

Diketahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bandarlampung untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota sebanyak 786.182 dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 390.858 dan perempuan 395.324 mata pilih.

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung kerja sama dengan organisasi perempuan buat posko aduan

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung sebut perempuan berperan naikkan partisipasi pemilih

Baca juga: Bawaslu Bandarlampung imbau paslon minimalisir pelanggaran kampanye


Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024