Magelang, Jateng (ANTARA) - Presiden Prabowo Subianto merasa beruntung atas peran para lulusan terbaik akademi militer dari Matra TNI dan Polri yang kini memperkuat formasi Kabinet Merah Putih.

"Di kabinet saya terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung, saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya," katanya saat berpidato dalam agenda santap malam di Rumah Makan Husein Akmil Magelang, Jumat.

Presiden meminta mereka untuk berdiri dari kursinya seraya memperkenalkan diri kepada para anggota Kabinet Merah Putih yang menghadiri jamuan makan malam tersebut.

Lulusan terbaik Akademi Kepolisian peraih Adhi Makayasa yang kini berkiprah di kabinet Prabowo-Gibran adalah Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sementara itu, empat lainnya dari unsur TNI peraih Adhi Makayasa adalah Letnan jenderal TNI (purn) Muhammad Herindra, lulusan Akmil Magelang angkatan 1987 yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Selanjutnya, Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto dari angkatan 1987 dan kini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.

Berikutnya, Letkol (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara dari angkatan 1999 yang kini menjabat sebagai Menteri Transmigrasi.

Terakhir, adalah Agus Harimurti Yudhoyono angkatan 2000 yang kini menjabat sebagai Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

"Ternyata ada enam lulusan terbaik Adhi Makayasa di kabinet saya," katanya.

Selain enam lulusan terbaik Akmil, Prabowo juga memperkenalkan jajaran jenderal bintang empat, di antaranya Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto yang kini menjabat sebagai Penasihat Khusus Presiden.

Kemudian, Jenderal TNI (Purn) Prof. Dudung Abdurachman yang kini menjabat Penasihat Presiden bidang Keamanan, serta Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Khusus kepada Maruli, Prabowo mengenang penampilannya sebagai peraih gelar juara Judo tingkat Asia Tenggara.

"Beliau bintang empat dan juara Judo Asia Tenggara. Satu-satunya perwira yang digendong oleh Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto," katanya disambut tepuk tangan para anggota Kabinet Merah Putih dan para Taruna Akmil yang hadir.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Prabowo beruntung lulusan terbaik Akmil dan jenderal perkuat kabinet
 

Pewarta : Andi Firdaus
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024