Bandarlampung (ANTARA) - Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana-Deddy Amarullah berjanji membuat Yayasan Siger guna menampung anak-anak di kota ini untuk bersekolah secara gratis.

"Yayasan yang akan kami bentuk nanti milik pemerintah, beberapa sudah ada lokasi di kecamatan dan tinggal jalan," kata Eva Dwiana saat orasi kampanye, di Bandarlampung, Kamis.

Dia mengatakan bahwa yayasan ini dibentuk untuk anak-anak yang merupakan  yang kurang mampu dan korban dari sistem  zonasi pendidikan.

"Yayasan Siger ini kita bentuk di lima kecamatan dan sekolahnya ada enam. Ini gratis tidak dipungut biaya sama sekali," kata dia.

Eva menegaskan bahwa pembentukan Yayasan Siger ini guna membentuk sumber daya manusia (SDM) Kota Bandarlampung yang maju dan berdaya saing unggul dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Anak-anak harus bersekolah semuanya, SDM kota ini harus mumpuni dari daerah lain di provinsi ini karena kita adalah Ibu Kota Provinsi Lampung," kata dia.

Selain itu, Eva Dwiana juga menjanjikan beasiswa untuk anak SMA dan perguruan tinggi kepada masyarakat.

"Untuk tingkat SMA dan SMK kami akan berikan biaya pendidikan ke 5.000 orang. Sedangkan untuk tingkat perguruan tinggi kami beri beasiswa ke 2.000 anak," kata dia.

Program ini, lanjut dia, sebelumnya sudah berjalan di Bandarlampung saat dirinya dan Deddy Amarullah menjabat sebagai Wali Kota-Wakil Wali Kota.

"Ya, ini sebelumnya sudah berjalan hanya kuotanya ditambah. Tahun lalu kuota SMA dan SMK hanya 1.000 dan untuk perguruan tinggi 500. Caranya bila sudah lulus di SMA dan SMK maka ajukan ke kelurahan nanti mereka yang data," kata dia.







 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024