Istanbul (ANTARA) - Kesadaran global mengenai rakyat Palestina di Jalur Gaza sejak 7 Oktober tahun lalu telah mengakibatkan "runtuhnya narasi Israel dan kesadaran dunia akan tipu daya Zionis," kata negarawan veteran Malaysia Mahathir Mohamad, pada Minggu (6/10).

Mahathir (99) menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah pidato virtual pada hari pertama konferensi "Palestina: Kunci Peradaban Renaissance," yang merupakan konferensi selama tiga hari untuk menandai satu tahun perang Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 41.800 orang Palestina.

Konferensi ini dimulai pada Minggu di kota metropolitan Turki, Istanbul, dan membahas Operasi Pembebasan Al-Aqsa serta menganalisis tatanan regional dan internasional, dampak, implikasi, dan arah masa depan dalam konteks perang Israel yang terus berlangsung terhadap Palestina.

Mahathir memuji "langkah bersejarah" Afrika Selatan yang membawa Israel ke Mahkamah Internasional (ICJ) karena genosida, dan mengatakan: "Tanggal 7 Oktober menandai hari yang signifikan, karena pada hari ini, rakyat Palestina bertekad untuk mengirimkan pesan kepada dunia bahwa mereka bertekad untuk membebaskan tanah mereka setelah perjuangan mereka hampir dilupakan di tengah blokade yang berkelanjutan, perluasan pemukiman, serangan terhadap Masjid Al-Aqsa, yahudinisasi Yerusalem, dan penerapan kebijakan apartheid terhadap semua rakyat Palestina."

Namun, ia mengungkapkan penyesalan atas "ketidaksatuan umat Muslim dan kelemahan bangsa kita" karena gagal "membalas" genosida yang dilakukan Israel.

Ia menambahkan bahwa genosida yang dilakukan oleh Israel "didukung dan disetujui oleh AS dan sekutu-sekutu Barat mereka."

"Jika ada yang meragukan, intervensi AS dalam pembalasan Iran terhadap Israel membuktikan bahwa orang-orang Israel atau Zionis menguasai dunia melalui proksi," kata mantan perdana menteri dua periode itu, mengecam mereka yang mendukung agresi militer AS dan Israel terhadap Palestina, Lebanon, dan Iran.

‘Kutuk Israel, AS, dan Sekutu Mereka’

Mahathir mengatakan bahwa waktu telah "tiba bagi semua umat Muslim untuk menyisihkan perbedaan mereka," karena "yang paling sedikit bisa kita lakukan saat merasa tidak berdaya adalah mengutuk Israel, AS, dan sekutu-sekutu Barat mereka serta umat Muslim yang terlibat dalam kejahatan mereka terhadap kemanusiaan."

Anggota parlemen Turki, Hasan Turan, yang memimpin Kelompok Persahabatan Antar-Parlemen Turki-Palestina, juga memberikan pidato di konferensi tersebut.

Akademisi, ahli, dan jurnalis terkemuka seperti sejarawan Ilan Pappe dari Universitas Exeter, John Quigley dari Universitas Ohio, jurnalis Pepe Escobar, Profesor Urusan Publik Sami Al-Arian, dan mantan intelijen AS, inspektur senjata PBB Scott Ritter akan berpartisipasi dalam sesi panel untuk membahas situasi di Gaza dari berbagai perspektif.

Konferensi ini akan membahas beberapa isu kritis selama tiga hari, termasuk kondisi moral dan intelektual peradaban Barat, peran negara-negara Arab dalam perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza, dan konteks yang lebih luas mengenai Palestina dan dunia Islam.

Diskusi juga akan mencakup "konflik intelektual dan peradaban dengan proyek Zionis," normalisasi di dunia Islam, dan dampaknya terhadap perjuangan Palestina.

Selain itu, para ahli akan mengkaji Mahkamah Internasional (ICJ), Mahkamah Kriminal Internasional (ICC), hukum internasional, dan kondisi masyarakat Israel saat ini dalam konteks perang Gaza yang sedang berlangsung.

Konferensi ini diselenggarakan bersama oleh Pusat Islam dan Urusan Global, Forum Pemikiran dan Peradaban Kuala Lumpur, Gerakan Manusia dan Peradaban yang berbasis di Istanbul, dan Universitas Sabahattin Zaim Istanbul.

Israel terus melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza setelah serangan oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober lalu, meskipun telah ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Lebih dari 41.800 orang telah tewas, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, dan lebih dari 96.900 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Serangan Israel telah memindahkan hampir seluruh populasi wilayah tersebut di tengah blokade yang sedang berlangsung, yang telah menyebabkan kekurangan parah akan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel menghadapi kasus genosida di Mahkamah Internasional karena tindakan mereka di Gaza.

Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahathir: Perang Gaza runtuhkan narasi Israel, ungkap tipu daya Zionis

Pewarta : Primayanti
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024