Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat (Damkarmat) Bandarlampung, Provinsi Lampung memberikan pelayanan edukasi kepada anak-anak usia dini ataupun siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) tentang tugas dan peralatan pemadam kebakaran.

"Jadi selain bertugas untuk melakukan pemadaman kebakaran dan penyelamatan, kami juga memiliki fungsi sebagai sarana edukasi dan bermain bagi anak-anak," kata Sekretaris Dinas Damkarmat Bandarlampung Ahmad Husni, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan anak-anak ini juga penting diberikan edukasi tentang kebakaran, setidaknya mereka paham kegunaan tabung APAR, selang pemadaman dan fungsi alat pemadam api lainnya.

"Kami juga memberikan edukasi tentang bunyi atau sirine mobil pemadam kebakaran seperti apa. Dan bila ada bunyi tersebut kita harus menepi dan memberi jalan karena ada hal yang penting untuk dikerjakan," kata dia.

Husni pun mengungkapkan bahwa pihaknya dalam mengedukasi anak-anak tidak memberikan materi yang berat, namun memberikan pemahaman yang ringan dan mudah dimengerti oleh mereka.

"Anak usia dini tak kami beri materi yang berat, hanya kasih pemahaman Damkarmat ini apa. Kalau ada kebakaran kita harus telepon siapa? Ya Damkar. Kalau ada ular di rumah telepon siapa? Ya Damkar," kata dia.

Setelah mengedukasi dan memberikan pemahaman anak-anak, lanjut dia, Petugas Damkarmat langsung mengajak mereka bermain sambil belajar.

"Kami juga menunjukkan dan memberikan pengetahuan anak-anak yang datang ke kantor tentang hewan-hewan yang pernah dievakuasi oleh Damkarmat Bandarlampung," kata dia.

Ia mengatakan bahwa Damkarmat Bandarlampung membuat ruang kunjungan kepada sekolah-sekolah untuk mengedukasi siswanya pada Senin hingga Jumat.

"Kami membuka kunjungan setiap Senin hingga Jumat. caranya cukup mudah, pihak yayasan atau sekolah tinggal bersurat kepada kami untuk melakukan kunjungan. Kemudian kami membalasnya dengan melampirkan jadwal kapan mereka bisa berkunjung. Semua gratis tidak dipungut biaya," kata dia.

Baca juga: Dankarmat berhasil padamkan kebakaran sekolah di Tegineneng Pesawaran

Baca juga: Pemkot Bandarlampung: Sebanyak 1.192 CASN lolos seleksi administrasi

Baca juga: Kapolresta Bandarlampung ingatkan pentingnya nilai Pancasila dalam berbangsa


Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024