Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandarlampung Budhi Darmawan mengatakan bahwa menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi prioritas utama pada pelaksanaan Pilkada 2024.

"Tadi dapat masukan dari bawaslu terkait netralitas ASN. Hal ini yang menjadi tugas utama saya selaku Pjs," kata Budhi Darmawan, di Bandarlampung, Kamis.

Dia pun berharap dengan berkoordinasi dan evaluasi bersama berbagai pihak termasuk Bawaslu Bandarampung netralitas ASN di kota ini dapat dijaga dalam pelaksanaan pilkada.

"Saya juga sudah mengimbau kepada para pejabat dan saya akan keliling ke kecamatan dan kelurahan bertemu dengan camat dan lurah untuk tindak lanjut penegasan ASN harus netral," kata dia.

Dia pun menegaskan bahwa pada Pilkada 2024 semua perangkat lainnya di Kota Bandarlampung harus netral tidak berpihak kepada pasangan calon manapun.

"Pemkot Bandarlampung harus siap untuk mengkampanyekan netralitas ASN pada pilkada ini," kata dia.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Apriliwanda meminta kepada pihak terkait agar bersama-sama menjaga keamanan agar pilkada berjalan sesuai harapan.

"Beberapa hal yang kami bicarakan bersama Pjs Wali Kota, pertama bagaimana bawaslu bisa bersinergi dengan Pemkot Bandarlampung dalam menjaga netralitas ASN," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, bawaslu segera melakukan deklarasi netralitas ASN kepada seluruh lurah di kota ini.

"Maka kami harap seluruh lurah dapat hadir dalam deklarasi tersebut karena bawaslu meminta Pjs Wali Kota Budhi Darmawan sebagai narasumber," kata dia.



 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024