Lampung Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menyerahkan bantuan berupa bedah rumah kepada enam orang warga yang membutuhkan di Kecamatan Kalianda pada Senin (16/9).

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, di Kalianda, Selasa, mengatakan bantuan bedah rumah tersebut adalah program Swasembada Rumahku yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

"Bantuan kali ini diserahkan kepada enam warga di Kecamatan Kalianda. Mereka yakni Samsudin warga Desa Kecapi, Basar K warga Desa Tajimalela, Afriyana warga Desa Hara Banjar Manis, Siti Aminah warga Kelurahan Wai Lubuk, A Rohman warga Kelurahan Way Urang, dan Samroni warga Desa Tengkujuh," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa program bedah rumah tersebut merupakan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menuntaskan kemiskinan ekstrem yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Menurutnya, program bedah rumah tersebut dijalankan bersama dengan beberapa perusahaan di Kabupaten Lampung Selatan.

Kali ini, kata dia, dana bedah rumah berasal dari Baznas Lampung Selatan, CSR Bank Syariah Indonesia, dan CSR Rosin Mart (Rosalia Group).

"Pemerintah daerah hadir menyelesaikan permasalahan rumah tak layak huni. Ini anggaran Rp20 juta (satu rumah) untuk bedah rumah," katanya.

Tidak hanya pemberian bantuan bedah rumah, pemerintah daerah juga memberikan bantuan berupa sembako bagi warga penerima program yang diberikan langsung oleh Dinas Kesehatan dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Lampung Selatan.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan Samroni (56), warga Desa Tengkujuh, mengaku merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Lampung Selatan atas bantuan yang diberikan.

Dirinya berharap, program tersebut bisa terus berjalan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
 

"Terima kasih pak, bantuan ini sangat berarti. Rumah panggung saya ini sudah lama tidak diperbaiki, sehingga lantainya sudah mulai rapuh, kalau jalan ngeri ambrol ke bawah," kata Sanroni.


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024