Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Lampung Samsudin akan melepas kontingen daerah setempat ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, pada Kamis (29/8).

Pelepasan kontingen PON Lampung direncanakan berlangsung di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung pukul 08.30 WIB.

"Rencana Pj Gubernur Lampung dan Forkopimda akan melepas keberangkatan Kontingen Lampung menuju PON XXI di Aceh-sumut," kata Ketua Harian KONI Lampung, Amalsyah Tarmizi di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan terdapat beberapa atlet Lampung dari sejumlah cabang olahraga yang lebih dahulu berangkat ke Aceh dan Sumut.

"Kendati pelepasan baru digelar besok, ada beberapa atlet Lampung dari sejumlah cabang olahraga (cabor) yang lebih dahulu berangkat ke Aceh dan Sumut," katanya.

Amalsyah mengatakan keberangkatan lebih awal itu untuk menyesuaikan jadwal pertandingan tiap cabor yang sudah ditetapkan panitia PON.

“Iya sudah ada yang berangkat duluan, seperti cabor berkuda, itu sudah di jalan, kemudian paramotor dan senam artistik yang segera bertanding,” kata dia.

“Yang lain-lain secara bertahap akan berangkat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Untuk keberangkatan besar itu pada tanggal 4-7 September,” jelasnya.

Ia pun meminta doa restu dari seluruh masyarakat Lampung agar kontingen PON Lampung bisa sukses meraih target 10 besar, dengan perolehan minimal 35 medali emas.

Dari hasil monitoring yang telah dilakukan, Amalsyah menyebut saat ini para atlet Lampung dalam kondisi prima dan siap berlaga di PON 2024.

"Para atlet sudah siap, dari beberapa cabor yang saya datangi itu mereka sudah siap bertanding. Saat ini para atlet dari beberapa cabor juga melaksanakan karantina supaya mental mereka dapat terjaga dengan baik," pungkasnya.

Baca juga: PON XXI Aceh-Sumut 2024 dibuka dan ditutup Presiden Jokowi

Baca juga: KONI Lampung gandeng Itera untuk latih mental atlet jelang PON XXI

Baca juga: Lampung bertekad wujudkan target 10 besar PON XXI

 


Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024