Lampung Selatan (ANTARA) - Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung, Saiful Azumar meminta pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda agar segera menambah ruangan rawat inap pasien.

"Jumlah pasien telah melebihi kapasitas sehingga kami sarankan RSUD Bob Bazar Kalianda agar segera berbenah dengan menambah ruangan lagi. Dengan demikian, pasien yang ada dapat tertampung," kata Saiful Azumar, di Kalianda, Senin.

Menurut dia, RSUD Bob Bazar hanya memiliki kamar dengan 244 tempat tidur yang jumlah itu kurang untuk menampung 340 pasien yang rawat inap.

Ia mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan banyak pasien yang tidak mendapatkan ruangan rawat inap, karena jumlah pasien melebihi jumlah ruangan.

"Jadi, bukan karena pelayanannya yang jelek, tetapi memang jumlah pasien yang membeludak. Kalau untuk pelayanannya bagus, tetapi jumlah pasien memang melebihi kapasitas ruangan rawat inap," ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSUD Bob Bazar Reni Indriyani menyampaikan bahwa rumah sakit tersebut sangat membutuhkan penambahan fasilitas ruangan perawatan bagi pasien, karena pasien yang dirawat sudah melebihi kapasitas.

"Saya hanya berharap ada bantuan pembangunan terutama dari pemerintah pusat untuk pembangunan rumah sakit ini, karena rumah sakit ini satu-satunya rumah sakit pemerintah yang ada di Kabupaten Lampung Selatan," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya terpaksa menggunakan ruangan transit dan lorong-lorong rumah sakit dengan menggunakan tempat tidur darurat, karena banyak pasien yang tidak mendapatkan ruangan rawat inap.

Reni mengatakan, penambahan tempat tidur dan ruang rawat inap RSUD Bob Bazar menjadi harapannya agar pasien dapat merasakan pelayanan kesehatan dengan maksimal.

"Kendalanya adalah ketersediaan ruangan yang masih terbatas Seharusnya ruangannya ditambah agar pasien yang datang ke sini mendapatkan ruang perawatan sehingga tidak di ruang transit menunggu perawatan, terus ada rujukan tidak menunggu pelayanan sehingga harapan saya semua pasien yang datang ke sini terlayani dengan maksimal," katanya.

Menurut dia, jumlah kunjungan rawat inap sedikitnya mencapai 3 ribu pasien setiap bulan. Sementara untuk jumlah tempat tidur yang dimiliki hanya 244 unit. Ia berharap pemerintah pusat dapat memberi bantuan sedikitnya 150 unit tempat tidur.

"Kami mempunyai 11 jenis ruangan yang terdiri atas ruangan VIP, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 dengan total kamar yang kami miliki 244 kamar sehingga masih kekurangan sekitar 100 hingga 150 kamar," ujarnya.

Oleh karena itu, dia sangat berharap pemerintah pusat dapat memberikan bantuan pembangunan fasilitas, serta menjadikan RSUD Bob Bazar menjadi rumah sakit rujukan di Kabupaten Lampung Selatan.

"Niat saya dari awal saya mau duduk menjadi direktur saya ingin menjadikan rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan di Lampung Selatan, bukan rumah sakit tukang merujuk. Mudah-mudahan saya dapat bantuan untuk pengembangan terutama fasilitas untuk rawat inap," ujar dia.


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024