Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan menggelar bazar takjil selama Ramadhan 1445 Hijriah di Jalan Gatot Subroto kota setempat.

"Selama ini kan bazar takjil berada di halaman Kantor Pemkot Bandarlampung, tetapi tahun ini akan dipindahkan ke Jalan Gatot Subroto, atau Taman Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bung Karno," kata Kepala Dinas Perindustrian Kota Bandarlampung Adiansyah, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, pemindahan lokasi bazar takjil tersebut guna memudahkan masyarakat untuk mencari menu berbuka puasa tanpa harus masuk terlebih dahulu ke halaman kantor pemerintahan.

"Kami juga melihat keberadaan bazar takjil selama ini di halaman kantor pemerintahan kurang efektif, karena orang luar segan masuk belanja menu berbuka sehingga memang banyak yang beli hanya kalangan sendiri atau pegawai pemerintahan," kata dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Wali Kota Bandarlampung berinisiatif memindahkan lokasi ke Taman UMKM agar bazar takjil tersebut dapat tersentuh oleh semua kalangan yang ingin membeli menu buka puasa.

"Rencana kami bazar takjil akan dilakukan hari kedua Ramadhan dimulai sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Nanti di Taman UMKM tersebut hanya akan memakai satu jalur saja, dan para penjual takjil tak boleh berjualan di badan jalan tetapi di atas trotoar sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," kata dia.

Adiansyah mengungkapkan hingga kini sudah ada sekitar 180 Usaha Kecil Menengah (UMK) yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam bazar takjil di sepanjang Jalan Gatot Subroto.

"Kalau kapasitasnya dari depan kantor RRI Bandarlampung hingga Taman UMKM Bung Karno itu, harusnya terisi 220 pedagang. Nanti di sepanjang trotoar di jalan tersebut akan kami berikan nomor, sehingga para pedagang tidak berebut tempat," kata dia. 

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung harap Bimtek KPK beri pemahaman antikorupsi kepada ASN

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung tegaskan hiburan malam tutup selama Ramadhan 1445 H

Baca juga: KPU Bandarlampung: Sanggahan saksi parpol tak terkait rekap suara

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024