Tanggerang (ANTARA) - Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa melalui kantor cabang Dompet Dhuafa menggiatkan layanan respons darurat di sembilan provinsi.

Pada Minggu  (02/10/2022) bersama Dompet Dhuafa Waspada, DMC Dompet Dhuafa mengerahkan tim bantu percepatan penanganan darurat bencana gempa bumi di Tapanuli Utara. Saat ini tim Dompet Dhuafa Waspada dan DMC Dompet Dhuafa telah menutup layanan tanggap darurat pada Kamis (06/10/2022). Dalam respons tanggap darurat gempa bumi Tapanuli, DMC Dompet Dhuafa dan Dompet Dhuafa membuka Dapur Umum dan melakukan giat program Bersih-bersih Toilet Umum bersama warga penyintas. 

Jumat  (07/10/2022) Dompet Dhuafa Aceh, Respons Darurat Kesehatan (RDK) Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa, dan DMC Dompet Dhuafa menurunkan tim menuju wilayah terdampak banjir di Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara. Sebelumnya tim juga membuka Dapur Umum, Pos Hangat, dan juga Aksi Layanan Sehat bagi penyintas terdampak banjir. Hingga Rabu kini (12/10/2022), tim masih terus mengupayakan layanan respons tanggap darurat berupa distribusi logistik ke titik-titik pengungsian yang berjumlah 11 titik ( sembilan titik pengungsian dan dua Dapur Umum).

“Distribusi logistik ke beberapa lokasi yang belum tersentuh bantuan,”bunyi laporan tertulis yang DMC Dompet Dhuafa terima. 

Kemudian lanjut pada Sabtu (08/10/2022), Dompet Dhuafa Jawa Tengah dan DMC Dompet Dhuafa menerjunkan tim respons banjir di Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Tim telah melakukan layanan respons tanggap darurat berupa Aksi Layanan Kesehatan dan evakuasi warga penyintas hingga Rabu kini (12/10/2022). 

“Tim Medis melakukan layanan kesehatan ke beberapa dusun di Desa Kalijeruk. Kemudian tim bergeser ke Kecamatan Kroya untuk respon di Desa Gentasari, dan Desa Mujur, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap,”tulis dalam laporan tim respons di lokasi.

Pada hari yang sama Sabtu (08/10/2022), akibat curah hujan tinggi yang melanda Pulau Dewata menyebabkan tiga wilayah di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, mengalami banjir. Dompet Dhuafa Bali dan DMC Dompet Dhuafa turut membantu masyarakat terdampak banjir dengan melakukan evakuasi kendaraan motor yang terendam dan mendistribusikan makanan siap saji.

Di lain kesempatan tepatnya di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (8/10/2022). Dompet Dhuafa Jawa Barat dan DMC Dompet Dhuafa membahu membersihkan material tanah longsor yang menghalang jalan di Desa Sukamaju.

Kemudian pada Senin lalu (10/10/2022), Dompet Dhuafa Banten dan DMC Dompet Dhuafa membuka layanan respons tanggap darurat banjir yang terjdi di Kabupaten Lebak, Banten. Tim telah membuka Pos Hangat, dan mendistribusikan makanan siap saji serta obat-obatan.

“Melakukan kegiatan advokasi setelah masa darurat tanggap bencana dengan kegiatan mitigasi bencana di wilayah yang terdampak banjir, karena wilayah tersebut terbilang wilayah langganan banjir dan rawan longsor,”bunyi laporan yang diterima dari tim respons banjir Dompet Dhuafa di Lebak.

Lalu pada wilayah jabodetabek DMC Dompet Dhuafa mengerahkan empat tim langsung ke titik banjir di wilayah jabodetabek Kamis lalu (06/10/2022). Akibat intensitas hujan yang deras sebagian wilayah jabodetabek tergenang banjir. Tim alfa ditugaskan di Pondok Labu, tim Beta di Pasar Minggu, tim Carli di Ciputat Baru, dan keempat tim Delta berada di Pendopo Eyang Agung. Hingga kini meski belum terjadi banjir kembali, tim telah siap siaga di markas DMC Dompet Dhuafa, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

“Memasuki musim hujan kami menambah personil di markas kami,”jelas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat.

Selain itu terbaru tim DMC Dompet Dhuafa akan mengerahkan tim respons melalui relawan Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Jawa Timur guna percepatan penanganan banjir di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada Rabu malam (12/10/2022). Bersama dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur, tim akan melakukan asesmen dan pendataan korban serta wilayah terdampak banjir.

Terakhir tim Dompet Dhuafa masih melakukan layanan respons berupa distrbusi logistik bagi penyintas banjir bandang di Pakistan. 

“Kali ini, Dompet Dhuafa turut mendistribusikan bantuan paket bahan pokok pangan kepada para penyintas banjir bandang Pakistan di District Sujawal, Provinsi Sindh. Alhamdulillah, Penerima Manfaat sebanyak 50 KK, dengan jumlah 420 jiwa itu, antusias menyambut di sini,”terang Narwan selaku Respons-Recovery Manager DMC Dompet Dhuafa melapor dari Distrik Sujawal.

Setelah mendistribusikan paket sembako, Tim Respon Dompet Dhuafa juga akan menggulirkan Aksi Layanan Sehat (ALS), serta mendirikan Shelter Komunal untuk beberapa keluarga disana.

“Kita akan hadirkan ALS. Dari asesmen sementara Sudah banyak penyintas yang terkena penyakit kulit dan malaria,” imbuh Narwan

 
TENTANG DOMPET DHUAFA

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama lebih 28 tahun, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

ADV

Pewarta : Muklasin
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024