Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 80 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Umum Tahun 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji, mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Angkatan III, IV, dan V Tahun 2021.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Mesuji Saply TH di auditorium Bapelkes Provinsi Lampung, Hajimena, Lampung Selatan, Acara tersebut juga dihadiri Kepala BPSDM Provinsi Lampung Senen Mustakim, dan Kepala BKPSDM Kabupaten Mesuji Yopi Saputra.

Dalam laporannya, Kepala BKPSDM Kabupaten Mesuji Yopi Saputra menjelaskan penyelenggaraan kegiatan latsar ini didasarkan atas UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil.

Baca juga: Bupati Lambar raih penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpunas RI

Latsar CPNS akan berlangsung selama 51 hari dengan metode Pembelajaran Klasikal selama 21 hari on-campus dan Non Klasikal selama 30 hari off-campus, mulai tanggal 3 September 2021 sampai dengan 10 November 2021.

“Pelatihan dasar ini merupakan salah satu prasyarat bagi CPNS untuk dapat diangkat menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji,” jelas Yopi.

Dalam sambutannya, Bupati Saply mengatakan, PNS sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan birokrat yang memiliki peranan yang menentukan dalam pembangunan.

Baca juga: Bupati Lamsel dan Ketua Komisi IV DPR RI panen raya di Kecamatan Sidomulyo

Saply berharap agar seluruh peserta mengikuti latsar dengan sebaik-baiknya karena merupakan langkah awal menjadi ASN di Pemkab Mesuji dalam rangka mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi.

“Ikuti latsar dengan sungguh-sungguh dan penuh kedisiplinan, jadikan latsar ini sebagai kesempatan emas untuk meningkatkan kapasitas diri menuju Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan profesional,” ungkapnya.


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024