Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tualngbawang Barat, Provinsi Lampung berkolaborasi guna melakukan riset terhadap Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTC), sebuah metode kesehatan di daerah itu guna menangani COVID-19.

Ketua Tim Pakar Itera Rudi Setiawan, S.T., M.T, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Selasa, mengatakan pihaknya sangat terbuka dengan adanya kolaborasi yang bersifat inovatif, keterbaharuan dan kemanfaatan.

"Terlebih inovasi yang dilakukan adalah dalam upaya penanganan pandemi COVID-19," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa KKN Itera buat produk masker bengkuang dari desa binaan

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan kunjungan ke Tulangbawang Barat sebagai tahap awal rangkaian riset Itera terhadap inovasi yang digagas Bupati Umar Ahmad guna mengoptimalkan fungsi UNTC.

"UNTC  dicetus oleh Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat bersama sejumlah dokter di daerah setempat yang merupakan sebuah inovasi dalam bidang kesehatan sebagai upaya penanganan COVID-19," kata dia.

Ia mengatakan dari informasi yang didapatnya, UNTC ini telah melayani lebih dari 100 orang pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga berat dengan semua pasien yang masuk ke sini sebelumnya dilakukan serangkaian cek untuk memenuhi standar operasional yang diberlakukan oleh tim kedokteran di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tulangbawang Barat.

Baca juga: Mahasiswa Itera rancang inovasi pendorong arus laut untuk pembangkit listrik

"Pasien yang masuk ke Chamber juga selalu diawasi perkembangannya secara rutin oleh tenaga kesehatan," kata dia.

Sementara itu, Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad menyambut positif ajakan kolaborasi riset yang dilakukan oleh tim pakar Itera terhadap UNTC.

Baca juga: Itera bahas "green building" dalam inovasi pembangunan

"Tentunya saya harap kolaborasi dengan Itera dapat memberikan angin segar bagi perkembangan UNTC dalam salah satu upaya dalam penangan COVID-19," kata dia.
 
Selain itu, Umar juga menyampaikan agar kolaborasi antara kedua belah pihak dapat terjalin tidak hanya pada bidang ini saja, namun juga pada sektor-sektor lainnya yang saat ini juga terus dikembangkan pemkab setempat.
 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024