Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta tokoh agama di daerahnya untuk terus mengingatkan umat tetap menaati protokol kesehatan di tengah penambahan kasus COVID-19.

"Di tengah kasus COVID-19 yang masih terus bertambah maka perlu kerja sama semua pihak untuk terus mengingatkan masyarakat untuk taat menerapkan protokol kesehatan," ujar Arinal Djunaidi dalam arahannya pada Sidang Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah Lampung, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan, para tokoh agama diminta terus aktif menyampaikan imbauan saat pelaksanaan ibadah.

Baca juga: Polda Lampung gandeng pihak ketiga dukung percepatan vaksinasi COVID-19

"Untuk mengingatkan umat, tokoh agama dapat menyisipkan edukasi dan imbauan penerapan protokol kesehatan, sebab kata kunci pengendalian kasus COVID-19 ini adalah taat protokol kesehatan," katanya.

Menurutnya, peran tokoh agama untuk kembali mengingatkan dan menumbuhkan kesadaran akan penerapan protokol kesehatan sangatlah dibutuhkan.

Baca juga: Bupati : Perlu sinergitas seluruh elemen dalam penanganan COVID-19

"Bila kita lihat kasus COVID-19 di beberapa daerah, bahkan yang bertetangga dengan Lampung cukup banyak sehingga kita harus tetap waspada agar tidak ada persebaran antar daerah," ucapnya.

Diketahui selama sepekan terakhir di Provinsi Lampung telah terjadi penambahan kasus sebanyak 800 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.
 

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024