Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang bersama tokoh adat Megow Pak terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan sosialisasi di pasar dan tempat umum.

"Kami bersama-sama tokoh adat Megow Pak Tulang Bawang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tegap mematuhi protokol kesehatan agar pencegahan COVID-19 bisa teratasi," kata Bupati Tulang Bawang yang juga Ketua Gugus Tugae COVID-19 Kabupaten Tulang Bawang Winarti, di Menggala, Senin.

Menurutnya, kegiatan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat bersama para tokoh adat Megow Pak Tulang Bawang juga terus dilakukan.

Selain itu, sosialisasi ini juga bersama-sama dengan pembagian masker kepada masyarakat yang berada di tempat ditempat-tempat fasilitas umum seperti pasar.

"Kami Tim Gugus Tugas COVID-19 bersama dengan tokoh adat menindaklanjuti dan mempertegas arahan Bapak Kapolda, bahwa pasar sebagai pusat keramaian dikhawatirkan berpotensi menjadi salah satu pusat penularan virus corona yang mungkin dibawa oleh orang luar yang berkunjung ke pasar. Oleh sebab itu kepada siapapun yang ada di pasar wajib memakai masker, wajib melaksanakan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan cuci tangan," jelasnya

Ia menjelaskan, bila sakit jangan keluar rumah, apalagi ke pasar.

"Mulai Rabu, bila ada masyarakat yang ke pasar tidak pakai masker akan dilarang dan diminta pulang. Ini untuk kewajiban kesehatan kita bersama," katanya

Winarti mengharapkan  Polres Tulang Bawang, Kodim 0426/TB, dan tokoh adat untuk terus semangat menyampaikan atau mempertegas terkait pencegahan virus corona kepada masyarakat.

Sementara itu, salah satu tokoh adat Megow Pak Tulang Bawang, Saidi Efendi menyampaikan bahwa pihaknya mendukung upaya pemda memutus mata rantai COVID-19.

"Dimana kami dengan ikhlas dengan suka rela untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tulangbawang, dalam rangka sosialisasi dan juga seperti membagi-bagikan masker kepada masyarakat Tulangbawang, khususnya di Kota Menggala," jelasnya.

Hal demikian, lanjutnya, dilakukan dalam rangka menghimbau, mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker bilamana keluar rumah, dan rajin mencuci tangan.


Pewarta : Emir Fajar Saputra
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024