Bandar Lampung (ANTARA) - Kota Bandarlampung pada era modern saat ini memerlukan kerja sama internasional lebih intensif guna menunjang kemajuan daerah.

"Menjalin kerja sama antarsubnasional (daerah/kota) di dunia menjadi salah satu kebutuhan kita di era globalisasi saat ini, sehingga hal ini penting untuk dipikirkan," ujar Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Provinsi Lampung, Rycko Menoza, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, Kota  Bandarlampung sebagai ibu kota provinsi harus mencoba melakukan kerja sama internasional lebih intensif untuk menunjang kemajuan daerah.

"Kita memiliki sumber daya manusia yang banyak, lalu banyak juga yang mampu memfasilitasi adanya sister city oleh karena itu perlu tindakan lebih lanjut guna membangun Lampung," ujarnya.

Rycko   yang juga Bakal Calon Wali Kota Bandarlampung, menyebutkan kerja sama internasional akan menjadi salah satu upaya memajukan daerah selain melaksanakan kerja sama antarpemerintah daerah ataupun swasta.

"Sebagai contoh nyata kita dapat melihat hasil yang diterima beberapa kota di Indonesia seperti Kota Bandung dan Surabaya yang telah melakukan kegiatan kerja sama antarkota ini, tentu kita harus ikut serta agar Bandarlampung maju," ujarnya.

Menurutnya, melalui pelaksanaan kerja sama internasional yang lebih intensif Lampung terutama Bandarlampung dapat memanfaatkan kekayaan sumber daya menjadi lebih maksimal.

Baca juga: Siswa di Lampung antusias saksikan pameran foto ANTARA

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024