Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jerry Manafe mengatakan, pemerintah terus mendorong pembangunan sektor pariwisata karena mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.

"Pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Kupang sudah semakin berkembang dengan munculnya obyek-obyek wisata baru yang dikelola swasta maupun pemerintah desa," kata Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe kepada wartawan di Oelamasi, Senin.

Jerry Manafe mengatakan hal itu terkait dengan banyaknya objek wisata yang dibangun secara mandiri oleh masyarakat di Kabupaten Kupang.

"Pemerintah mengapresiasi terhadap pihak-pihak swasta yang mulai mengelola sektor wisata di daerah ini, sehingga geliat pembangunan pariwisata Kabupaten Kupang semakin menggeliat," kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe.
Baca juga: Pemkab Kupang kembangkan wisata Pantai Haubenkase


Ia menyebutkan objek wisata Sulamanda, Kecamatan Kupang Tengah dan pantai wisata pantai Tup'Afu di Amarasi dan lokasi wisata bunga Matahari di Kupang Timur saat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

"Dalam waktu dekat ini kami akan meresmikan lagi satu lokasi wisata pemancingan ikan milik swasta. Semakin banyak objek wisata menjadi lebih baik. Wisatawan bisa banyak pilihan," tegasnya.

Ia mengatakan apabila kunjungan wisatawan terus meningkat ke daerah ini maka pertumbuhan ekonomi masyarakat ikut meningkat.

Baca juga: Pemkot Kupang bersiap wujudkan kota wisata yang kondusif

Menurut mantan wakil ketua DPRD Kabupaten Kupang ini, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kami terus mendorong pemerintah desa yang memiliki potensi wisata untuk memanfaatkan dana desa bangun pariwisata. Dana desa bisa digunakan untuk membangun fasilitas dalam lokasi wisata sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung," tegas Jerry Manafe.
 

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024