Bandarlampung (Antara Lampung) - Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meresmikan peningkatan kapasitas terminal batubara PT Bukit Asam (Persero) di Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung, sehingga dapat menaikkan kemampuan sandar kapal hingga 210 ribu DWT (tonase bobot mati) serta efisiensi biaya transportasi.
       
"Saya berharap kedepannya pelabuhan ini bisa disandar kapal hingga 240 ribu DWT sehingga merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia yang mampu disandar dengan kapasitas sebesar itu," kata Menhub Jonan kepada pers usai meresmikan pelabuhan itu di Bandar Lampung, Rabu.
        
Dikatakan Jonan, pengembangan pelabuhan tersebut memang strategis dalam upaya meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan.
        
PT Bukit Asam, kata Menteri, selama ini juga sudah menjalin kerjasama dengan PT kereta Api Indonesia sebagai sarana transportasi ke daerah lain.
         
"Tidak ada mineral batu bara yang tak diangkut dengan kereta api mengingat kapasitas jalan raya yang ada  tidak memungkinkan. Kalaupun mau melalui jalan darat maka harus lebih besar lima kali dari yang saat ini tersedia," kata Jonan.

    

Pewarta : Ahmad Wijaya
Editor : Samino Nugroho
Copyright © ANTARA 2024