Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Sebanyak 45 ribu orang peserta mengikuti lomba lari "Independence Day Run" pada Minggu dalam rangka merayakan HUT RI ke-69.
        
Istana Negara bersama Komandan Pasukan Pengamanan Presiden Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, dengan Garuda Finishers selaku pelaksana dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai sponsor utama penyelenggaraan "Independence Day Run" yang bertema Semangat 17/8 Untuk Merah Putih, demikian siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.
        
Lomba lari yang diikuti 45.000 peserta ini dilepas oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di depan Istana Merdeka Jakarta pukul 06.15 WIB.       

Jumlah peserta yang mencapai 45.000 orang ini menggambarkan antusias masyarakat untuk mengikuti acara ini. Acara lomba lari yang sudah dua kali diselenggarakan ini menyediakan total hadiah sebesar Rp700 juta. Peserta yang mendapatkan hadiah adalah 6 peserta pertama yang melewati garis finish.
         
"Banyaknya peminat yang mendaftarkan diri merupakan cerminan dari antusias masyarakat Jakarta. Kami mengemas acara ini sedemikian rupa agar masyarakat dapat menikmati perayaan Kemerdekaan negara ini. Acara-acara seperti lomba panjat pinang, balap karung, lomba makan kerupuk, dan lomba bakiak sudah mulai jarang ditemui oleh masyarakat kota Jakarta. Karena itulah kami menghadirkan lomba khas 17 Agustus di acara ini," ujar Aji Satrio, Panitia Pelaksana "Independence Day Run".
        
Sesuai dengan semangat 17/8, lomba lari ini terbagi menjadi dua jarak yaitu 17 kilometer (17K) dan 8 kilometer (8K).
   
Lari 17 kilometer melalui rute mulai depan Istana Merdeka menuju jalan MH. Thamrin, jalan Sudirman, Semanggi hingga Jl. Sisingamangaraja (berputar di lampu merah Al-Azhar) dan finish di Silang Monas. Sementara 8 kilometer melalui rute mulai dari depan Istana Merdeka menuju Jalan MH. Thamrin, Jalan Sudirman kemudian berputar di depan Gedung Chase Plaza dan finish di Silang Monas.
         
"Sebagai salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia kami bangga dapat menjadi bagian dalam perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Kami sangat berharap masyarakat yang hadir, dan para peserta lomba lari menikmati acara ini. Dukungan BRI terhadap acara ini tidak terlepas dari keinginan kami untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," kata Corporate Secretary Bank BRI Budi Satria.
          
Pada tahun ini, Istana Negara menyediakan 11.000 medali yang akan diberikan kepada 1.000 pelari 17K yang mencapai finish dan 10.000 pelari 8K yang mencapai finish.
   
Sama seperti tahun lalu, keunikan Independence Day Run adalah kehadiran Tough Warriors sebagai peserta yang akan mengenakan pakaian dinas lapangan dengan perlengkapan tempur dengan berat sekitar 17 kilogram dan mengikuti lari 17K.
         
Perbedaan tahun ini Tough Warriors diikuti 17 personel dari berbagai kesatuan yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan juga Kepolisian.
        
Sejumlah 45.000 peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 700 juta. Untuk juara kategori 17K terdiri dari juara lari kelompok (5 orang) yang membawa bendera Merah Putih, juara pria dan wanita. Sementara juara kategori 8K terdiri dari juara pria, wanita dan juara kostum terbaik atau paling menarik. Warga negara asing yang berpartisipasi berkesempatan mendapatkan hadiah kostum terbaik.
        
Penyelenggara juga menyediakan berbagai macam doorprize menarik dengan nilai total hadiah sebesar Rp 500 juta.
        
Selain lomba lari, komunitas pelari Bandung ikut berpartisipasi lari jarak jauh Bandung-Jakarta dengan jarak 178 km. Pesta Rakyat kali ini dimeriahkan oleh demonstrasi TNI seperti Drum Band Akademi Militer Lokananta, Terjun Payung TNI, Polri, dan FASI, demo Jupiter Aerobatic Team dari TNI Angkatan Udara dan pameran alutsista (alat utama sistem senjata) TNI terdiri yang terdiri dari2 unit Tank Leopard dan 8 unit Panser Anoa produksi PINDAD.
        
Selain itu para pengunjung juga dapat menjadi peserta lomba 17 Agustus seperti balap karung, lomba makan kerupuk, panjat pinang dan lomba balap bakiak. Lomba rakyat yang sudah mulai jarang ditemui di kota Jakarta ini memang sengaja diselenggarakan oleh penyelenggara agar pengunjung anak-anak juga dapat ikut menikmati acara ini.
         
Kolonel Adm Edi Wuryanto selaku ketua panitia berterima kasih kepada masyarakat Jakarta yang sudah ikut berpartisipasi dalam acara ini. Pihaknya mengharapkan Independence Day Run ini dapat menjadi agenda tahunan dari Istana Negara dalam perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia berikutnya.
        
"Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam acara ini.Kami menggelar acara ini semata-mata untuk membantu mendekatkan Istana Negara kepada masyarakat luas.Karena itu kami harapkan acara Independence Day Run ini menjadi agenda tahunan Istana Negara, terlepas dari siapapun Presidennya," kata Edi. 

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024