SOPA 2023 Journalism Awards buka pendaftaran sampai tanggal 16 Februari; luncurkan kategori baru - liputan Bahasa Indonesia

SOPA 2023 Journalism Awards buka pendaftaran sampai tanggal 16 Februari; luncurkan kategori baru - liputan Bahasa Indonesia

ANTARA/Business Wire

Hong Kong--(ANTARA/Business Wire)- Society of Publishers in Asia (SOPA) adalah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk mencapai prestasi di bidang jurnalistik. Hari ini SOPA mengumumkan bahwa SOPA 2023 Awards for Editorial Excellence sudah membuka pendaftaran. Batas waktu pengiriman adalah Kamis, 16 Februari 2023, jam 15:00 waktu Hong Kong.

Untuk menghormati karya jurnalistik terbaik di Asia, SOPA Awards for Editorial Excellence akan merayakan ulang tahun ke-25 tahun depan. Penghargaan ini meliputi 21 kategori dan dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan bahasa dan ukuran publikasi: Global dan Regional, dalam bahasa Inggris dan bahasa Tionghoa.

Untuk kompetisi tahun 2023, SOPA menambahkan satu kategori baru untuk publikasi Bahasa Indonesia, yaitu penghargaan tunggal bagi cerita yang menentukan agenda domestik di bidang politik, bisnis, atau urusan sosial/budaya.

SOPA Awards bertujuan untuk menginspirasi jurnalis agar selalu mencapai keunggulan dan inovasi, menghargai laporan terbaik dari yang terbaik di semua platform, dan menekankan kepada publik tentang pentingnya pers yang bebas dan penuh semangat, kata Madeleine Lim, Editor Eksekutif Senior Asia Bloomberg News dan Pimpinan SOPA Editorial Committee.

Penghargaan tahunan ini memberikan kesempatan kepada publikasi lebih kecil di seluruh wilayah Asia Pasifik untuk menampilkan liputan berbagai isu lokal dan regional. Misalnya, salah satu pemenang penghargaan tahun 2022 adalah Ming Pao dari Hong Kong dalam Liputan Penjelasan dengan / National Security Law: Year One, dan VICE Asia dengan segmen regional perihal Liputan tentang budaya pop di Asia dalam kategori Seni dan Budaya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Google News Initiative akan mensponsori biaya pendaftaran saluran media yang baru pertama kali mengikuti penghargaan ini, sebagai bentuk dukungan bagi mereka. Google News Initiative juga akan membantu publikasi lebih kecil yaitu publikasi yang hanya memiliki maksimal 20 staf penuh waktu, dan setidaknya 50% di antaranya adalah staf editorial penuh waktu dengan mensponsori hingga dua pendaftaran. Artinya, peserta atau publikasi lebih kecil yang baru pertama kali mendaftar hanya perlu membayar HKD$200 (US$25) untuk setiap pendaftaran. Harap mendaftar lebih awal untuk memanfaatkan penawaran ini.

Pusat Studi Jurnalistik dan Media di Universitas Hong Kong (sekarang dikenal sebagai HKU Journalism) telah menyelenggarakan penghargaan ini sejak tahun 2011. Dosen senior Ting Shi menjadi Ketua Dewan Juri kategori bahasa Inggris dan bahasa Tionghoa. Rita Widiadana menjadi Ketua Dewan Juri untuk pendaftaran kategori Bahasa Indonesia. Beliau adalah wartawan senior di Jakarta dan direktur Consortium for Press Freedom Indonesia.


Rincian tentang pengiriman, persyaratan kelayakan, dan informasi pendaftaran terdapat di www.sopawards.com. Pengumuman finalis pada bulan Mei 2023 dan pemenangnya pada bulan Juni 2023.

Untuk waktu terbatas, SOPA menawarkan diskon 40% biaya Keanggotaan SOPA dan diskon 40% bagi maksimum lima pendaftaran penghargaan ini. Harap tanyakan kode diskon keanggotaan SOPA melalui email ke mail@sopasia.com paling lambat hari Jumat, 10 Feb. 2023.

Kategori Penghargaan Tahun 2023

Penghargaan dalam Liputan Isu Perempuan
Penghargaan dalam Inovasi Jurnalistik
Penghargaan dalam Liputan Audio
Penghargaan dalam Liputan Video
Penghargaan dalam Liputan Hak Asasi Manusia
Penghargaan dalam Penulisan Fitur
Penghargaan dalam Liputan Teknologi
Penghargaan dalam Desain Majalah
Penghargaan dalam Liputan Seni dan Budaya

BARU: Penghargaan dalam Liputan Berita Bahasa Indonesia

Penghargaan dalam Liputan Penjelasan
Penghargaan dalam Liputan Bisnis
Penghargaan dalam Infografis
Penghargaan dalam Liputan Breaking News
Penghargaan dalam Penulisan Opini
Penghargaan dalam Liputan Lingkungan Hidup
Penghargaan dalam Fotografi
Scoop Award
Carlos Tejada Award untuk Penghargaan dalam Liputan Investigasi
SOPA Award untuk Jurnalis Muda
SOPA Award untuk Jurnalistik Layanan Publik

Tentang SOPA

Society of Publishers in Asia (SOPA) adalah organisasi nirlaba di Hong Kong yang didirikan pada tahun 1982 untuk memperjuangkan kebebasan pers, mendorong prestasi jurnalistik, dan mendukung praktik terbaik bagi penerbit di kawasan Asia Pasifik.

Saat ini, SOPA menjadi suara industri media dan penerbitan Asia, dan terus berupaya menegakkan standar dan kebebasan media sekaligus merayakan dan mendukung penerbitan dan jurnalistik profesional. SOPA Awards for Editorial Excellence telah diadakan selama 25 tahun berturut-turut sejak tahun 1999, dan merupakan penghargaan penting setiap tahun yang berfungsi sebagai tolok ukur regional dalam hal jurnalistik profesional dan berkualitas.


Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Ms. Peggy Wong, Sekretariat SOPA
Tel: +852 5182-8323 Email: mail@sopasia.com

Sumber: The Society of Publishers in Asia
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024