#DengarYangMuda dorong tata kelola sampah yang inovatif dan kreatif

#DengarYangMuda dorong tata kelola sampah yang inovatif dan kreatif

Diaz Hendropriyono menyerahkan plakat kepada Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra

Bali (ANTARA) -- Diaz Hendropriyono kembali menyelenggarakan talkshow #DengarYangMuda seri ke-16 di Sanur, Bali yang terinspirasi oleh pergerakan progresif masyarakat di pulau Bali lewat visi serta aksi nyata untuk menjadikan Bali sebagai wilayah terdepan dalam isu penanganan sampah.

Sebagai keynote speaker, Diaz Hendropriyono, menegaskan bahwa permasalahan sampah dapat menghambat Indonesia untuk mencapai cita-cita pendiri bangsa  menjadi bangsa yang maju.

"Permasalahan sampah berdampak tidak hanya kepada isu kesehatan, pariwisata dan perekonomian tetapi juga harga diri kita sebagai sebuah bangsa, untuk itu lah #DengarYangMuda ingin mendengar dari pemuda Bali bagaimana mereka menangani isu sampah agar bisa ditiru oleh kota-kota lain, " ujar Diaz Hendro Priyono.

Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, dalam kata sambutannya menjelaskan bahwa meskipun keluhan dari masyarakat sudah banyak namun pemerintah tidak bisa terburu-buru karena pengelolaan sampah membutuhkan pembangunan ekosistem sehingga pengelolaan sampah dapat berkelanjutan. Kota Denpasar sendiri telah berhasil menurunkan penggunaan kantong plastik hingga 99,60% dalam waktu kurang dari 1 tahun.

Acara Talkshow diisi oleh 4 narasumber, yaitu (1) Komang Sudiarta Komunitas Malu Dong; (2) Pande Gede Bayu Antariksa Pengusaha Pariwisata; (3) Jeff Kristianto BEDO, dan (4) I Gde Ngurah Widiadnyana Somia Design. Acara kemudian dilanjutkan dengan Bazaar dan pameran UMKM binaan, Workshop Upcycling dan presentasi peserta olah limbah kreasi atau Olikasi

Dalam penyelenggaraan #DengarYangMuda ke-16 ini, Diaz Hendropriyono bersama dengan Bali Export Development Organization (BEDO) sebuah lembaga swadaya masyarakat di Bali, dan 100 pelaku UMKM asal Bali, dan Komunitas-komunitas pemuda Bali yang bergabung dalam acara kali ini, terus mendorong peluang pemanfaatan sampah, khususnya sampah plastik agar tidak mencemari lingkungan dan dapat menjadi produk bernilai ekonomi tinggi lewat inovasi dan kreatifitas. 

Komunitas Yang Hadir, antara lain: Bargengster Bali, Dongki Bali, BEDO, Trashstock, Rahwana Bali, Laskar Bali, Triupcycle, Malu Dong, UKM Trend Tabanan, SarangLebah, Duakala, Yayasan Lengis Hijau, JCI Bali, HIMKI Bali.


Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024