Dengan membeli hewan kurban langsung ke peternak desa, perekonomian mereka akan meningkat yang dapat berdampak juga tidak hanya di sektor ekonomi.
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mempromosikan donasi "Kurban Berdayakan Desa" di area car free day, Jakarta, Minggu.

Ketua Panitia Kurban Nasional 2019 Baznas Mohammad Indra Hadi mengatakan pawai simpatik menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat bahwa kurban pada Hari Raya Idul Adha bukan hanya ibadah, tapi mampu memberikan dampak baik lewat program kurban.

"Baznas mengajak masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Adha tetap dengan semangat berbagi dan peduli terhadap sesama sehingga keberkahannya bisa dirasakan lebih besar lagi," kata dia.

Peserta kampanye sendiri berasal dari amil Baznas dan masyarakat umum. Mereka memulai pawai dari Kantor Baznas, Kebon Sirih, kemudian berjalan bersama di sepanjang area hari bebas berkendara (car free day) di Jalan Sudirman-Jalan MH Thamrin.

Indra mengatakan "Kurban Berdayakan Desa" dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian, kesehatan, pendidikan dan budaya gotong royong di perdesaaan.

Hewan ternak, kata dia, dibeli langsung dari para peternak di desa kemudian penyembelihan dan penyalurannya didistribusikan juga di desa tersebut.

"Dengan membeli hewan kurban langsung ke peternak desa, perekonomian mereka akan meningkat yang dapat berdampak juga tidak hanya di sektor ekonomi. Melalui 'Kurban Berdayakan Desa' ini juga memberi dampak di bidang lain, seperti pendidikan dan kesehatan," kata dia.
Baca juga: Program Kurban Berdayakan Desa diserukan Baznas Sulut untuk masyarakat

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019