Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menggelar memberikan pelayanan pengobatan gratis kepada masyarakat Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dengan menghadirkan kereta kesehatan atau rail clinic generasi keempat.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Kuswardojo mengatakan KAI mengundang sebanyak 350 masyarakat dari Desa Terisi, Karangasem, Ciberang, Jatimulya, dan Kendayakan untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB di dalam Rail Clinic yang dilengkapi dengan Rail Library dihadirkan di Stasiun Terisi.

“Masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan Kereta Kesehatan atau Rail Clinic generasi keempat yang meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana serta penyuluhan kesehatan,” ujar Kuswardojo dalam keterangan resmi yang di terima di Jakarta, Kamis.

Dalam kegiatan bakti sosial tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 5 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 dokter spesialis kandungan, 1 bidan, 2 apoteker, dan 8 paramedis.

Pada kegiatan yang sama, PT KAI juga memberikan alat bantu penglihatan berupa kacamata gratis untuk 48 siswa-siswi SD. Pembagian kacamata diberikan kepada siswa yang sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan mata.

Selain pembagian kacamata, PT KAI Daop 3 Cirebon juga mengundang siswa-siswi SDN 2 Rajasinga, SDN 1 Jatimulya, SDN 1 Cibereng, SDN 1 Kendayakan, dan SDN 1 Karangasem untuk mendapatkan penyuluhan kesehatan gigi serta pengetahuan tentang keselamatan perkeretaapian.

Pada Rail Clinic generasi 4 ini terdapat juga Rail Library atau Kereta Pustaka. Siswa/i serta masyarakat sekitar Stasiun Terisi juga dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di Rail Library tersebut yang di dalamnya menyediakan ratusan buku bacaan, dan dilengkapi pula dengan fasilitas e-library atau perpustakaan elektronik berupa 6 buah monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, yang terkoneksi dengan internet.

Pelayanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini sudah menjadi program rutin PT KAI kepada masyarakat disekitar jalur KA. Dengan adanya layanan Rail Clinic generasi ke-4 di Stasiun Terisi ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar.

Baca juga: Kereta api kesehatan Sumut layani masyarakat di Dolok Merangir
Baca juga: Kereta kesehatan Rail Clinic layani warga Cirebon


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019