Kakanwil Kemenag Riau lepas 449 JCH Kloter 18 BTH ke Jeddah

id haji riau

Petugas haji, di embarkasi haji Antara Pekanbaru Riau. (Foto : ANTARA/Ist/am).

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau, DR. Mahyudin melepas 449 keberangkatan jamaah calon haji (JCH) Riau asal Kabupaten Rokan Hulu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 18 embarkasi Batam (BTH) itu ke Jeddah, Senin.

"JCH akan berangkat ke Jeddah menggunakan pesawat Saudi Arabia Airlines SV 5121, dan pergerakan jamaah gelombang kedua sudah dimulai dari kloter 18 BTH," kata Mahyudin dari embarkasi Haji Batam, Senin.

Menurutnya yang didampingi Pranata humas ahli, Kanwil Kemenag Riau, Vethria Rahmi semua jamaah kita yang berangkat hari ini dalam keadaan sehat.

Ia berharap, mudah-mudahan jemaah Riau selamat sampai di tanah suci, sukses melaksanakan rangkaian ibadah dan kembali dengan selamat dan membawa prediket haji yang mabrur.

"Jemaah perlu langsung mengenakan kain ihram agar ketika tiba di Bandara King Abdul Aziz Jedah, bisa langsung niat ihram dan lanjut ke Mekkah untuk ibadah umrah wajib. Bandara Jeddah merupakan tempat untuk miqat niat ihram," jelasnya.

Baca juga: JCH diimbau gunakan alat pelindung diri

Terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji di PPIH EHA Riau, Mahyudin mengakui secara umum berjalan baik dan lancar. Begitu pula sehubungan dengan koordinasi Embarkasi PPIH Riau dengan Embarkasi Batam juga berjalan dengan baik.

Hal itu dibuktikan disamping petugas imigrasi yang melayani jamaah Riau di Pekanbaru, petugas imigrasi dan KKP yang di Batam juga turut memantau kondisi jamaah hingga diterbangkan.

Baca juga: JCH Bengkalis diminta untuk menjaga kesehatan

Lebih dari itu, ia meminta pihak Kemenag Riau juga agar terus memantau jamaah Riau hingga proses pemberangkatan kloter terakhir usai.

Sebelumnya ke Jeddah, menurut Vethriani, jamaah diterbangkan dengan tiga kali penerbangan menggunakan pesawat Lion Air dari Bandara SSK II menuju Hang Nadim Batam.

Penerbangan masing-masingnya pada pukul 03.37 WIB nomor penerbangan JT 3236 lebih cepat 23 menit dari yang dijadwalkan, pukul 03.56 WIB dengan penerbangan JT 3234 lebih awal 14 menit dari jadwal dan 04.01 WIB penerbangan menggunakan penerbangan JT 3238 lebih cepat 14 menit dari yang dijadwalkan semula.

Baca juga: Untuk kelancaran wukuf, pertama kali calhaj peroleh kantong urin

Pewarta : Frislidia
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar