Mekkah (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengimbau jamaah asal Indonesia mengenali tiga terminal bus di sekitar Masjidil Haram yang menjadi tempat pemberhentian dan pengambilan penumpang bus shalawat selama musim haji di Mekkah, Arab Saudi.

"Terminal ada tiga, yakni Bab Ali, Syeib Aamiir, dan Jiad," kata Kepala Daerah Kerja Mekkah PPIH 2019, Subhan Chlid, di Kota Mekkah, Jumat.

Terminal Bab Ali berada tak jauh dari bangunan Museum Maulid Nabi, terletak di tengah-tengah antara Terminal Jiad dan Syeib Aamiir. Terminal ini merupakan pangkalan bus shalawat yang melayani rute Jamarat dan Mahbas Jin.

Terminal Syeib Amir bisa diakses melalui pintu keluar Marwah dari arah Masjidil Haram. Jamaah tinggal berjalan ke arah kiri kemudian lurus ke arah terminal bus tersebut. Terminal Syeib Amir merupakan pangkalan bus yang melewati Syisyah, Raudhah, Jarwal, dan Syisyah Raudhah.

Sementara Terminal Jiad yang menjadi pangkalan bus rute Misfalah dan Jiad terletak di sisi belakang kanan Zam-Zam Tower. Jamaah bisa menjadikan WC 3 dengan patokan titik temu. Di sekitar area itu juga ada banyak petugas haji karena merupakan salah satu tempat pos jaga sektor khusus.

Terminal-terminal pangkalan bus shalawat itu mudah dikenali karena di sisinya berkibar bendera Merah Putih dan dipasangi umbul-umbul dengan tulisan berbahasa Indonesia. Tulisan Indonesia juga terpampang pada bagian kanan dan kiri bus shalawat.

Subhan mengatakan PPIH menempatkan banyak petugas yang siap membantu jamaah yang membutuhkan informasi mengenai bus sholawat.

Dia meminta jamaah tidak khawatir selama berada di Tanah Suci, karena ada banyak petugas haji Indonesia yang siap membantu dan melayani mereka.

Baca juga:
Sembilan rute bus shalawat antar-jemput jamaah Indonesia di Mekkah

Petugas haji buka delapan posko layanan jamaah di Masjidil Haram

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019