Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menutup sejumlah iklan rokok yang ada di area Bandara Sultan Hasanuddin jelang pelaksanaan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 yang akan dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan pada 23 Juli.

Kepala Bidang Data dan Informasi Gender Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPPA) Sulsel, Suciati Sapta Margani di Makassar, Kamis, menyampaikan aksi tersebut merupakan bentuk komitmen Pemprov Sulsel untuk memberikan lingkungan yang baik dan sehat bagi anak-anak bangsa.

Penutupan iklan rokok itu telah dimulai sejak Rabu hingga Kamis hari ini dan rencananya akan berlangsung hingga dua pekan ke depan.

Baca juga: DPPPA Sulsel target 14 kabupaten raih penghargaan HAN 2019

"Kita sih harapannya berkelanjutan karena namanya iklan, ini akan berpengaruh pada anak-anak makanya memang harus segera ditutup," katanya.

Apalagi Forum Anak Nasional (FAN) yang juga merupakan rangkaian HAN 2019 akan mulai menghadirkan para peserta dari seluruh Indonesia mulai Jumat (19/7). Kegiatan FAN rencananya akan dilaksanakan sejak 19 hingga 22 Juli.

"Besok anak-anak perwakilan dari setiap kabupaten se Indonesia akan mulai berdatangan sejak pagi untuk mengikuti pembukaan di Rumah Jabatan Gubernur pukul 07.00 malam," ungkapnya.

Baca juga: Menteri Turki hadiri peringatan Hari Anak Nasional di Makassar

Bukan hanya Pemprov Sulsel, Pemerintah Kota Makassar juga sangat mendukung suksesnya pelaksanaan HAN 2019 dengan melakukan hal yang sama. Menutup iklan rokok di sepanjang jalan sekitar Pantai Losari

Pada rapat persiapan HAN 2019, Pj Wali Kota, M Iqbal Suhaib meminta Badan Pendapatan Daerah untuk berkoordinasi terkait penutupan beberapa iklan rokok di beberapa ruas jalan selama kegiatan berlangsung.

Baca juga: Anak difabel pimpin lagu Indonesia Raya pada HAN 2019

Beberapa hal lain yang juga mendapatkan perhatian seperti kelancaran lalu lintas, dan meminta kesediaan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk ikut andil menertibkan pelaksanaan kegiatan.

"Perhatikan acara secara keseluruhan, dan terus berkoordinasi agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, dan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak," pintanya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019