Laporan produksi setahun penuh BHP pagi ini menunjukkan produksi tembaga dan besi yang lebih tinggi...
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Rabu pagi, karena saham-saham sektor konsumen mengimbangi tekanan dari sektor energi.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 7,80 poin atau 0,12 persen menjadi diperdagangkan di 6.648,80 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 5,80 poin atau 0,086 persen pada 6.741,60 poin.

Saham-saham material juga meningkat, sebagian besar karena lonjakan oleh raksasa pertambangan BHP.

"Laporan produksi setahun penuh BHP pagi ini menunjukkan produksi tembaga dan besi yang lebih tinggi, meskipun pengiriman batu bara akan menurun," kata Kepala Strategi Pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

"Penghentian operasi meniadakan dampak dari langkah-langkah pemotongan biaya selama periode tersebut."

Mengimbangi kenaikan indeks yang lebih luas adalah sektor energi yang jatuh dipicu harga-harga komoditas yang lebih rendah.

"Harga minyak mentah merosot karena para pedagang yang gelisah melepas minyaknya menjelang laporan persediaan AS malam ini," kata McCarthy.  Baca juga: Harga minyak global berbalik jatuh, saat ketegangan Iran-AS mereda

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank naik 0,27 persen, Westpac Bank turun 0,11 persen, National Australia Bank naik 0,04 persen, dan ANZ tidak berubah.

Saham-saham pertambangan juga bervariasi dengan Rio Tinto naik 0,66 persen, Fortescue Metals turun 1,84 persen, BHP naik 1,02 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,13 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas merosot dengan Oil Search turun 2,86 persen, Santos turun 1,06 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,67 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 1,34 persen, dan Woolworths naik 0,21 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra bertambah 0,40 persen, maskapai nasional Qantas meningkat 1,07 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,42 persen. Demikian laporan yang dikutip dari Xinhua.

Baca juga: Dolar menguat ditopang data penjualan ritel AS yang positif

Baca juga: Bitcoin jatuh ketika para senator AS periksa rencana kripto Facebook

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019