Dengan kompetisi itu, anak-anak mampu terus berupaya untuk menjadi yang terbaik sehingga tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga mempunyai karakter yang baik dan akhlak yang mulia.
Jakarta (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD  yang diselenggarakan di Yogyakarta, 30 Juni hingga 6 Juli 2019, dengan meraih sembilan medali .

"Tema OSN SD 2019 adalah "Mewujudkan Generasi Kompetitif, Berkarakter, Berkualitas, dan Adaptif terhadap Perubahan". Tema ini diangkat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, agar dari waktu ke waktu kita mampu menyiapkan generasi yang kompetitif melalui penyelenggaraan OSN ini. Dengan begitu, anak-anak kita setiap tahun melalui event nasional ini, mampu membentuk generasi yang kelak memiliki daya saing," kata Direktur Pembinaan Sekolah Dasar (Direktur PSD), Ditjen Dikdasmen, Kemendikbud, Khamim, dalam keterangan pers di Jakarta, Senin (8/7).

Dengan kompetisi itu, anak-anak mampu terus berupaya untuk menjadi yang terbaik sehingga tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga mempunyai karakter yang baik dan akhlak yang mulia.

“Dengan begitu, siswa Sekolah Dasar perlu ditanamkan pendidikan karakter, karena pada saat inilah waktu yang sangat menentukan bagi anak-anak untuk selanjutnya melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya,” kata dia.

Baca juga: Mendikbud: Tidak ada negara maju tanpa didukung saintis andal

Khamim menambahkan tahun 2019 merupakan tahun strategis, mengingat tahun ini merupakan tahun terakhir dari pembabakan pembangunan pendidikan nasional. Tema yang diangkat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang ketiga yaitu peningkatan daya saing regional.

"Artinya hasil kompetisi yang anak-anak ikuti nanti akan mampu menumbuhkan budaya semangat belajar. Selain itu, bagi bapak ibu guru juga akan tumbuh semangat bagaimana agar bisa menyajikan proses pembelajaran yang berkualitas di ruang kelasnya, berinovasi, menjawab tantangan-tantangan yang kemarin sudah dilalui oleh anak-anak kita,” imbuhnya.

Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum dengan meraih sembilan medali yang terdiri dari tiga emas, lima perak dan satu perunggu. Posisi kedua ditempati Provinsi Jawa Timur, meraih sembilan medali terdiri atas satu medali emas, tiga perak dan tiga perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati Provinsi Banten yang meraih delapan medali, terdiri dari satu emas, satu perak, dan enam perunggu.

Penerima piala “The Best Overall” dalam bidang IPA yaitu Arkan Daffa Arjakumara, siswa SDN 4 Penganjuran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sedangkan penerima piala “The Best Overall” dalam bidang Matematika yaitu Chrysander Immanuel Ambrose Setiawan, siswa SDK 6 Penabur, Jakarta.

Baca juga: Juri OSN sebut sedikit siswa perempuan geluti fisika
Baca juga: Kemendikbud: OSN untuk pemerataan kualitas pendidikan

Pewarta: Indriani
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019