Medan (ANTARA) - Tim Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjadi wakil Sumatera Utara mengikuti debat Bahasa Inggris atau "National University Debating Championship" dan Debat Bahasa Indonesia atau Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia tingkat nasional yang direncanakan berlangsung 13-21 Juli 2019 di Surabaya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) , Dr Agussani, MAP di Medan, Minggu, mengatakan sukses UMSU mengirimkan dua tim debat Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sekaligus ke ajang kompetisi tingkat nasional patut disyukuri.

Prestasi yang diraih mahasiswa UMSU itu sangat membanggakan karena membawa nama harum universitas sekaligus bisa ikut mewakili Sumut.

"UMSU juga merasa bersyukur karena capaian prestasi yang diraih mahasiswa menunjukkan latihan dan upaya sungguh-sungguh yang dilakukan selama ini bisa menghasilkan prestasi sekaligus menunjukkan kualitas pendidikan yang mampu bersaing dengan kampus lain," katanya.

Tim UMSU sebelumnya sukses mengukir prestasi pada kompetisi debat Bahasa Inggris (NUDC) tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Sumut sehingga berhak tampil sebagai wakil Sumut pada kompetisi debat nasional.
Baca juga: Pemkot Medan tetapkan OIF UMSU pusat pengamatan hilal


Dalam kompetisi debat Bahasa Inggris tingkat Sumut pada proses preliminary round UMSU menduduki peringkat 1 dari 44 tim peserta lomba.

Mahasiswa UMSU atas nama Ashil Muhammad Abbdul Rasyid ( Fakultas Kedokteran) dan Annisa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) terpilih sebagai the best speaker mengalahkan 88 peserta.

Prestasi serupa juga sukses ditorehkan Tim Debat Bahasa Indonesia UMSU dengan meraih kategori pendebat terbaik atas nama Ruwanda Arifki, Mahasiswa Fakultas Agama Islam di kompetisi tingkat LLDikti Sumut.

Atas prestasi yang diraih itu Tim Debat UMSU berhak maju ke Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional.

Terkait dengan prestasi Tim Debat UMSU, Agussani mengingatkan agar mahasiswa tidak merasa cepat puas dengan apa yang diraih.

Artinya, mahasiswa jangan sampai kehilangan fokus dan terlena dengan raihan prestasi karena pada ajang kompetisi tingkat nasional persaingan untuk meraih posisi terbaik akan sangat ketat.

Baca juga: Undip juarai debat konstitusi mahasiswa nasional
Meski akan menghadapi tim-tim universitas ternama di Indonesia pada kompetisi debat nasional, namun tidak perlu pula merasa kehilangan rasa percaya diri.

"Tim Debat UMSU saya harapkan, tetap memiliki keyakinan mampu bersaing dengan universitas lainnya di seluruh Indonesia," katanya.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Medan, Prof Dian Armanto mengapresiasi prestasi yang ditorehkan tim UMSU.

Dia berharap, tim UMSU tidak langsung puasa dengan apa yang sudah diraih, tapi terus lah berlantih sehingga di kompetisi nasional nanti, dapat mengharumkan nama Sumatera Utara.

"Kita belum pernah meraih yang terbaik dalam kompetisi itu, mudah-mudah dengan berlatih keras, tim UMSU mampu bersaing, kalau pun tidak menjadi nomor satu paling tidak lima besar nasional dapat," katanya.
Baca juga: Mahasiswa UI juarai debat HAM ASEAN

Pewarta: Juraidi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019