Politeknik Bengkalis juara di seleksi ASEAN Skill Competition Riau

id Polbeng,asc 2019,unggulan riau,Politeknik Bengkalis,kompetisi keterampilan diri,asean

Politeknik Bengkalis berhasil keluar sebagai juara dalam ajang seleksi daerah ASEAN Skill Competition (ASC) yang merupakan ajang kompetisi keterampilan diri (skill) di tingkat Asia Tenggara yang dilaksanakan di Pekanbaru pada 24-27 Juli 2019.(ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Politeknik Bengkalis (Polbeng) berhasil keluar sebagai juara dalam seleksi daerah untuk ASEAN Skill Competition (ASC) XIII 2019 yang dilaksanakan pada  24-27 Juli di Pekanbaru, Riau.

"Alhamdulillah, walaupun untuk pertama kali dilibatkan, mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis mampu mendominasi dengan dibuktikannya sebagai juara I pada bidang Welding atas nama Reza Septian Harianto mahasiswa D3 teknik perkapalan," ujar Dosen Pembimbing Polbeng Saiful Amri, di Bengkalis, Kamis.

Selain itu, untuk skill IT Software Solution For Bussiness  juga berhasil diraih Rio Chandra, kemudian juga Juara I pada Graphic Design Technology atas nama Ali Imran yang merupakan mahasiswa D3 tekinik Informatika.

"Selain itu juga diraih juara III pada kategori Welding atas nama Abdul Ghoffar.  Dengan demikian Mahasiswa Polbeng mendominasi utusan dari Riau pada seleksi nasional ASEAN Skil Competition XIII 2019 ini, karena juara I masing-masing kategori akan menjadi utusan Provinsi Riau pada seleksi Nasional nantinya," kata Saiful.

ASEAN Skill Competition (ASC) merupakan ajang kompetisi keterampilan diri (skill) di tingkat Asia Tenggara. ASC pertama kali dilaksanakan pada tahun 1995 di Malaysia, dan ini merupakan tindak lanjut dari Pertemuan Labour Ministry se- ASEAN pada tahun 1994.

Sejak itu ASC dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tuan rumah bergantian.

"Untuk mencari utusan negara, Pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja melakukan seleksi yang dimulai pada tingkat Provinsi, dan pemenang masing-masing Provinsi diseleksi kembali untuk mendapatkan pemenang untuk tingkat Nasional dan sekaligus mewakili Indonesia pada ajang ASC tersebut. Untuk seleksi daerah atau tingkat Provinsi biasanya dilaksanakan satu tahun sebelum pelaksanaan final tingkat Asia Tenggara," urainya lagi.

Propinsi Riau melalui Dinas Tenaga Kerja telah beberapa kali melaksanakan seleksi ASC tingkat Propinsi, namun dari seleksi ASC sebelum tahun 2019 ini, Provinsi hanya melibatkan perguruan tinggi dan institusi yang ada di Ibu kota Propinsi Pekanbaru.

"Alhamdulillah pada 2019 ini Dinas Tenaga Kerja sudah melibatkan Politeknik Negeri Bengkalis pada seleksi daerah ASC XIII, untuk mencari utusan Riau pada Seleksi Nasional ASC XIII 2019," paparnya.

Pada seleksi daerah ASC XIII, Riau hanya menyeleksi 5 kategori Kompetensi (Skill) yang diperlombakan dari 22 kompetensi yang akan diperlombakan pada ajang ASC XIII 2020 di Singapura.

Adapun 5 Kompetensi (skill) yang diperlombakan yakni, Welding, IT Software Solution For Bussiness, Graphic Design Technology, Mechatronics dan Moblie Robotics.

Polbeng dalam kompetisi ini mengutus sebanyak 7 mahasiswa, masing-masing 2 mahasiswa untuk seleksi Welding, 2 mahasiswa untuk seleksi IT Software Solution for Bussiness, 1 orang mahasiswa untuk seleksi Graphic Design Technology, dan 2 orang mahasiswa untuk seleksi Mobile Robotics.

"Tampilnya mahasiswa-mahasiswa Polbeng sebagai juara membuktikan bahwa Polbeng sejajar dengan perguruan tinggi yang ada di Ibu kota Provinsi dan untuk beberapa hal memiliki kelebihan dan khususnya untuk pendidikan tinggi vokasi menjadi yang terbaik di Provinsi Riau ini," katanya lagi.

Baca juga: Indonesia raih 13 emas pada ASC ke-12 Thailand
Baca juga: Pemerintah upayakan peraih medali ASC 2018 jadi PNS

 

Pewarta : Alfisnardo
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar