Ini menunjukkan masyarakat sudah banyak yang memilih BBM berkualitas dengan RON tinggi
Surabaya (ANTARA) - Layanan satuan tugas (satgas) Lebaran 2019 Pertamina Marketing Operation Region ( MOR) V yang dimulai sejak 21 Mei 2019 kini telah berakhir dan memastikan seluruh kebutuhan masyarakat terkait pelayanan energi terlayani.

"Kami bersyukur bisa memastikan energi bisa dinikmati masyarakat selama masa Lebaran. Tentu, masih ada yang harus dievaluasi dan ditingkatkan, tapi kami bangga atas apa yang telah dicapai,” ujar Unit Manager Communication & CSR MOR V, Rustam Aji kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Rustam mengatakan tim Satgas Lebaran telah melayani sejumlah kebutuhan energi bagi masyarakat, seperti untuk kebutuhan transportasi dan memasak.

Ia menyebutkan secara keseluruhan konsumsi bahan bakar jenis gasoline di Jawa Timur selama Lebaran 2019 mengalami peningkatan sebesar 16 persen dari rata-rata harian yang sekitar 12.900 kiloliter  menjadi 15.000 kiloliter.

Kenaikan tertinggi gasoline terjadi pada Pertamax sebesar 27 persen, disusul Pertamax Turbo 20 persen, serta Premium 17 persen, dan Pertalite 13 persen.

"Ini menunjukkan masyarakat sudah banyak yang memilih BBM berkualitas dengan RON tinggi, karena lebih mendukung performa kendaraan tetap prima selama perjalanan mudik. Kami menyampaikan apresiasi pada konsumen yang telah memilih produk-produk berkualitas Pertamina," katanya.

Untuk jenis gasoil, lanjut Rustam, mengalami penurunan hingga empat persen, karena banyak industri yang menghentikan operasi kendaraan besarnya selama masa mudik.

Namun demikian, konsumsi Dex yang dikonsumsi kendaraan pribadi, tetap mengalami kenaikan hingga 17 persen.

Untuk konsumsi Avtur, di Terminal DPPU Juanda selama masa Satgas juga mengalami penurunan 11 persen di bawah rata-rata harian normal, yakni pada kondisi normal rata-rata harian Avtur yang sekitar 970 kiloliter menjadi 865 kiloliter.

"Namun pada saat puncak mudik, di Juanda sempat ada kenaikan penjualan Avtur sebesar 22 persen pada 30 Mei 2019. Pada hari itu penyaluran Avtur mencapai 1.180 kiloliter,"  kata Rustam.

Selain layanan BBM, Pertamina juga mencatat adanya kenaikan untuk penyaluran elpiji PSO di Jawa Timur selama masa Satgas Lebaran yang naik sebesar tujuh persen dibandingkan rata-rata kondisi normal.

Pada kondisi normal, penyaluran elpiji tiga kg di Jawa Timur sebesar 3.780 metrik ton atau sekitar 1,26 juta tabung per hari.

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019