Puluhan nelayan kurang mampu terima rumah layak dari Pemerintah Pusat

id Bantuan rumah nelayan,Nelayan pesisir selatan,Hendrajoni

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni didampingi sejumlah aparatur daerah berbicara kepada wartawan usai menyerahkan bantuan Rumah Layak Huni kepada nelayan di Pesisir Selatan. ANTARA/Didi Someldi Putra/aa

Painan, Sumbar (ANTARA) - Sebanyak 70 nelayan di Nagari (Desa) Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima bantuan rumah layak dari pemerintah pusat.

 

"Biaya pembangunan per unit rumah mencapai Rp120 juta sehingga cukup layak ditempati," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai penyerahan rumah bantuan tersebut secara simbolis di Koto Nan Tigo IV Koto Hilie, Kamis.

 

Ia menyebutkan penerima bantuan telah melalui seleksi yang ketat sehingga benar-benar tepat sasaran.

 

Menurutnya bantuan rumah layak merupakan bentuk komitmen pemerintah pusat dalam memastikan seluruh masyarakat mendapat hunian yang layak.

 

"Makanya tadi saya berpesan kepada penerima agar rumah-rumah mereka yang tidak layak dirobohkan ketika sudah menempati rumah baru ini," sebutnya.

 

Ia menambahkan selain menempati rumah layak, penerima juga tidak perlu lagi memikirkan persoalan listrik dan air bersih karena semuanya sudah satu paket.

 

Berikutnya pihaknya juga berencana membangun pasar mini di lokasi sehingga penghuni rumah tidak perlu lagi jauh-jauh mencari bahan kebutuhan pokok.

 

"Jalan lingkar juga bakal kami bangun sehingga penghuni rumah benar-benar nyaman," imbuhnya.

 

Tahun ini, kata dia pemerintah pusat juga akan membangun 30 unit lagi rumah layak bagi nelayan dan sesuai rencana akan dibangun di Kecamatan Koto XI Tarusan.

 

Sebelumnya pada pertengahan 2018, Bupati Hendrajoni meradang ketika meninjau pembangunan rumah bantuan nelayan ini.

 

Hal tersebut karena ia menilai pembangunan pondasi tidak sesuai dengan ketentuan, apalagi kesalahan tersebut bisa terlihat mata telanjang. Usai kejadian itu dalam hitungan pekan semuanya langsung diperbaiki oleh kontraktor pelaksana. (*)


Pewarta : Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar