Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas pengamanan perbatasan Yonif 126/KC menemukan ladang ganja di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) saat berpatroli sekitar tiga kilometer dari Kampung Banda, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Senin.

Danyon 126 KC Letkol Inf Mulyo Junaedi di Jayapura, mengatakan dari laporan yang diterima ladang ganja ditemukan saat anggota yang dipimpin Lettu Inf Dewangkoro melakukan patroli di perbatasan mengingat maraknya peredaran narkoba jenis ganja di wilayah tersebut.

Saat memasuki kawasan hutan dengan menyusuri sungai yang letaknya sekitar 1 km dari batas RI-PNG, menemukan tanaman ladang ganja seluas 20 m x 20 m dengan tinggi pohon sekitar 100 cm.

Setelah dilaksanakan koordinasi kemudian tanaman ganja tersebut dicabut dan barang bukti diamankan, kata Junaedi seraya menambahkan, untuk mengantisipasi dan mencegah peredaran narkoba jenis ganja di daerah perbatasan kami meningkatkan dan mengintensifkan pelaksanaan penyisiran dan patroli keamanan di wilayah perbatasan.

“Penemuan ladang ganja ini merupakan pengembangan hasil penyisiran dan penangkapan dua kali oknum masyarakat yang membawa ganja beberapa hari yang lalu di wilayah perbatasan dan kami akan menyisir kawasan hutan wilayah perbatasan untuk memastikan tidak ada ladang ganja,” kata Letkol Inf Mulyo Junaidi.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019