Ruas jalan tol menuju 'rest area' KM 62 terpantau padat sudah tidak bisa menampung kendaraan. Begitupun dengan KM 52 dan KM 42
Bekasi (ANTARA) - Antrean kendaraan terpantau mulai padat di sejumlah area istirahat atau "rest area" di Tol Cikampek meskipun sudah diberlakukan sistem buka tutup area istirahat.

Petugas Informasi dan Komunikasi, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jupri Suryanto, saat ditemui di Senkom Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Sabtu, mengatakan "H+2" arus lalu lintas ruas tol Japek ramai lancar, hanya saja terjadi kemacetan pada akses keluar masuk area istirahat.

"Ruas jalan tol menuju 'rest area' KM 62 terpantau padat sudah tidak bisa menampung kendaraan. Begitupun dengan KM 52 dan KM 42," tuturnya.

Menurut pantauan "CCTV" di Senkom, arus lalu lintas Tol Cikampek pada "H+2" Lebaran sekitar pukul 17.30 WIB terpantau padat mulai dari KM 74 hingga KM 62 sebagai dampak dari keluar masuknya kendaraan menuju area istirahat.

Sedangkan selepas area istirahat KM 42, arus lalu lintas terpantau sudah lancar.

Jupri melanjutkan akibat kepadatan di area istirahat, beberapa pengendara juga tampak istirahat di bahu jalan sehingga mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Sebelumnya, PT Jasa Marga dengan Korlantas Polri, sejak Sabtu siang sudah menerapkan sistem buka tutup untuk area istirahat di Tol Cikampek arah Jakarta guna menjaga arus lalu lintas selama arus balik Lebaran 2019.

Hingga saat ini, PT Jasa Marga dan Korlantas telah memberlakukan sistem satu arah (one way) dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 70 Gerbang Tol Cikatama.

Selain itu, rekayasa arus lawan (contraflow) sudah mulai diberlakukan di KM 70 hingga KM 29 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019