Tanah Bumbu (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengangkut sekitar 518 penumpang yang hendak mudik Idul Fitri 1440 Hijriah dari Pelabuhan Samudra, Batulicin-Tanjung Perak Surabaya.

Kepala PT Pelni Cabang Batulicin, Porwadi, di Tanah Bumbu, Senin, mengatakan, sebanyak 518 pemudik tujuan Surabaya tersebut diangkut menggunakan KM Willis hari ini pada pukul 10.30 WITA.

"Kami akan mengakhiri pelayaran untuk angkutan mudik Batulicin-Surabaya pada 29 Mei menggunakan KM Binaiya Pukul 20.00 WITA," katanya.

KM Binaiya memiliki kapasitas penumpang sekitar 692 orang, namun tiket yang sudah terjual saat ini mencapai sekitar 1.400 lembar dengan harga Rp201.000.

Khusus untuk angkutan Lebaran, PT Pelni Cabang Batulicin mendapatkan kebijakan penambahan jumlah penumpang sekitar 681 orang dari Direktur Jendral Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) .

Secara keseluruhan jumlah pemudik yang dilayani oleh PT Pelni pada 27 dan 29 Mei tujuan Surabaya mencapai 1.918 penumpang.

"Saat ini kami sudah tidak melayani penjualan tiket penumpang tujuan Surabaya karena kapasitas kapal sudah penuh, belum lagi nanti ada tambahan penumpang yang transit ke Pelabuhan Samudra Batulicin dari Pelabuhan Makasar," katanya.

Agar pelayanan penumpang dapat terlayani dengan baik maka pihak managemen juga menambah jumlah porsi makan untuk penumpang sekitar 681 porsi.

"Karena momennya masih puasa maka para penumpang kapal saat berlayar bagi yang melaksanakan ibadah puada hanya mendapatkan jatah makan dua kali yakni saat menjelang sahur dan buka puasa.

Namun bagi yang tidak berpuasa atau non muslim tetap mendapatkan jatah makan tiga kali sehari, paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019