Lubuk Basung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat memanfaatkan pos taktis (poskotis) dalam mempromosikan objek wisata di daerah itu bagi para pemudik agar jumlah kunjungan meningkat selama libur Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Agusnadi di Lubukbasung, Minggu mengatakan pihaknya akan menyediakan brosur objek wisata di sembilan poskotis yang akan didirikan.

"Kita akan menyediakan 50 lembar brosur setiap poskotis dan pemudik akan mengetahui objek wisata dan lokasi itu setelah memanfaatkan brosur tersebut," katanya.

Ia mengatakan brosur itu diberikan dalam rangka mempromosikan 43 objek wisata di Agam dengan jarak dari kota padang sekitar 120 kilometer.

Dengan cara itu maka jumlah kunjungan akan meningkat saat libur Idul Fitri tahun ini

"Kita menargetkan jumlah kunjungan sebanyak mungkin ke 43 objek wisata selama libur Idul Fitri," tegasnya.

Pemkab Agam, tambahnya, telah melakukan pembenahan di objek wisata yang dikelola pemeritah tersebut seperti, Objek Wisata Bandar Mutiara, Muko-muko dan Ambun Tanai.

Sementara objek wisata milik swasta juga telah dibenahi oleh pemiliknya.

"Seluruh objek wisata di daerah itu siap dikunjungi wisatawan," tambahnya.

Ia menambahkan Pemkab setempat akan memberikan surat imbauan bagi pengelola untuk tidak menaikan retribusi parkir, retribusi biaya masuk, melakukan pengawasan secara intensif dan lainnya.

Surat imbauan ini bakal diserahkan kepada seluruh pemilik objek wisata menjelang Idul Fitri. ***1***
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019