Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan perbaikan jalan alternatif yang rusak untuk persiapan arus mudik Lebaran agar pengguna jalan merasa nyaman dan aman saat melintasi jalanan di Garut.

"Saat ini kita melakukan perbaikan jalan yang rusak atau berlubang dengan cara ditambal," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Uu Saepudin kepada wartawan di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, musim mudik Lebaran tinggal beberapa hari lagi, untuk itu Pemkab Garut melakukan persiapan dengan memperbaiki jalan protokol di seluruh titik jalan yang rusak.

Perbaikan jalan itu, kata dia, merupakan pekerjaan tahunan yang rutin dilaksanakan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan.

"Jalan berlubang itu memang selalu ada, karena faktor cuaca maupun tonase kendaraan sehingga perlu diperbaiki," katanya.

Menurut dia, musim hujan yang terjadi selama beberapa bulan lalu itu telah menyebabkan sejumlah jalan di Garut rusak.

Jalan yang kondisinya rusak, kata dia, seperti Jalan Pembangunan, Jalan Cimanuk, Jalan Otista, Jalan Hasan Arif, Jalan Anwar Musaddad, Jalan Banyuresmi, dan Jalan Samarang.

"Pada umumnya rusak karena hujan, ada juga karena kendaraan yang tonasenya tidak sesuai dengan bobot jalan," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut terus berupaya memperbaiki jalan secara maksimal agar para pengendara khususnya pemudik merasa nyaman dan aman saat melewati Garut.

Dalam waktu yang cukup singkat ini, kata Uu, jajarannya yang bertugas di lapangan akan berusaha maksimal agar kondisi jalan yang rusak bisa selesai diperbaiki sebelum musim arus mudik.

"Ditargetkan pekerjaan jalan ini selesai H-7 sebelum Lebaran," katanya.

Baca juga: Perbaikan jalan alternatif Garut hampir rampung

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019