Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) memberikan bantuan sosial dengan total nilai Rp910 juta kepada sejumlah masjid dan warga yang membutuhkan di lima lokasi di Jawa Tengah.

"Sebagai BUMN, tidak hanya bertugas memberikan keuntungan bagi negara melalui deviden, tapi juga memiliki tugas sosial untuk membantu dan memberdayakan lingkungan masyarakat sekitarnya. Pada bulan Ramadhan ini, dalam rangka mendukung program sosial Kementerian BUMN, Angkasa Pura I memberi bantuan secara khusus kepada masjid, panti asuhan, dan pondok pesantren,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Adapun ragam bantuan tersebut, yaitu bantuan sarana dan pra-sarana ibadah senilai total Rp500 juta, 1.000 Al Quran, dan santunan kepada 1.000 anak yatim dan kurang mampu di lima lokasi di Jawa Tengah. Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dan serentak di lima lokasi pada Jumat (24/5).

Kegiatan pemberian 1.000 Al Quran seperti yang dilakukan di Jawa Tengah ini, juga dilakukan secara serentak di 34 provinsi lain.

Hal ini menjadikan kegiatan pemberian 1.000 Al Quran di 34 provinsi secara serentak yang akan tercatat pada Museum Rekor Indonesia (MURI).

Kegiatan sosial ini merupakan dukungan perusahaan bagi Program Safari Ramadhan Kementerian BUMN yang juga bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Bantuan diberikan kepada puluhan musholla, masjid, yayasan, panti asuhan, dan pondok pesantren di lima lokasi di empat kabupaten seperti Kabupaten Boyolali, Kota Semarang, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Klaten.

Bantuan diserahkan secara simbolis di lima lokasi yaitu Pondok Pesantren Darul Hadlonah Purbalingga, Kelurahan Kuningan Semarang, Pondok Pesantren Zubdatul Itqon Boyolali, Pondok Pesantren Daarut Taqwa Juwiring Klaten, dan Masjid Al Barokah Klaten.

Pada program sosial yang merupakan bagian dari program utama BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) ini, Angkasa Pura I ditunjuk Kementerian BUMN sebagai penanggung jawab (PIC) program di wilayah Provinsi Jawa Tengah, bersama 3 co-PIC yaitu PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero), PT Perkebunan Nusantara IX (Persero), dan PT Perkebunan Nusantara X (Persero).

Kerja sama BUMN PIC dan co-PIC merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN untuk hadir berkontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan.*


Baca juga: BHUN serahkan ribuan Al Quran di Sulut

Baca juga: Bantuan Al Quran BHUN tingkatkan semangat tahfidz dan qori Al-Huda

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019