Karawang (ANTARA) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyisakan tujuh putaran (U-turn) yang tidak akan ditutup di sepanjang jalur mudik lebaran.

"Di jalur mudik di wilayah Karawang ada ratusan putaran. Selama arus mudik, semuanya kita tutup dan disisakan tujuh yang tidak ditutup," kata Kasatlantas Polres setempat AKP Bariu Bawana, di Karawang, Kamis.

Ia mengatakan putaran yang tidak akan ditutup di antaranya Bunderan Kepuh, Bunderan Charles, Bunderan Masari, Bunderan Pancawati, Bunderan Dipo Pertamina dan dua U-turn di Kecamatan Jatisari.

Menurut dia, penutupan akan dilakukan dari tanggal 22 Mei 2019 dan ditargetkan selesai sebelum 29 Mei 2019.

Penutupan putaran itu dilakukan dengan menggunakan 117 buah water barier, 310 buah cone, 40 railing, 3.720 buah tolo-tolo, 160 buah barier beton dan 30 buah rambu portable. "Kita tidak akan mengambil risiko, putaran akan ditutup selama arus mudik," katanya.

Penutupan titik putaran balik arah itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kemacetan karena biasanya titik itu menjadi pemicu terjadinya kemacetan.

Menurut dia, penutupan putaran di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang itu menjadi bagian dari upaya mengantisipasi kemacetan lalu lintas.*


Baca juga: Mulai H-7 Polres Karawang tutup puluhan putaran balik

Baca juga: Polres Cirebon tutup putaran balik saat mudik

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019