Ada memang ruas jalan yang rusak tapi tidak terlalu parah dan sedang ditangani unit pemeliharaan jalan dan jembatan (UPJJ
Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu memastikan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat sudah siap dilalui untuk arus mudik Lebaran 2019.
 
" Semua jalan dan jembatan untuk angkutan umum sudah bisa dilalui, meski pun belum semuanya kategori mulus, tapi kendaraan bisa lewat," kata Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Kapuas Hulu, Dedy, saat ditemui, di Putussibau, Kamis.
 
Ia mengatakan bahwa untuk kesiapan arus mudik Lebaran memang biasanya ada surat dari Bupati Kapuas Hulu meminta semua organisasi perangkat daerah memperhatikan kebutuhan masyarakat yang mudik agar tidak terganggu dengan kondisi.
 
Menurut dia, upaya penanganan ruas jalan untuk kesiapan arus mudik sudah sedang dilakukan, karena memang ada beberapa titik jalan dan jembatan saat ini ditangani secara darurat oleh unit pemeliharaan jalan dan jembatan (UPJJ).
 
" Ada memang ruas jalan yang rusak tapi tidak terlalu parah dan sedang ditangani UPJJ," katanya.
 
Ada pun ruas jalan yang rusak dan ditangani UPJJ, kata Dedy yaitu ruas jalan simpang Senada - Sekubah Kecamatan Jongkong, Simpang Sekubah - Selimbau, sedangkan untuk jembatan saat ini sedang di perbaiki yaitu jembatan Tekudak.
 
Selain itu, dari 23 kecamatan di Kapuas Hulu, masih ada dua kecamatan yang infrastruktur jalan dan jembatannya belum yang tembus yaitu Kecamatan Bunut Hilir dan Kecamatan Embaloh Hilir.
 
" Jalan ke Bunut Hilir sudah bisa di lalui sepeda motor, tapi kalau ke Embaloh Hilir belum bisa ditembus kendaraan, memang alternatif nya jalur sungai," katanya.
 
Namun yang jelas, secara umum kondisi infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kapuas Hulu siap untuk kelancaran arus mudik lebaran, termasuk dari ibu kota kabupaten ke kecamatan hingga ke desa, demikian Dedy.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019