Pasar saham Australia dibuka melemah terseret saham perbankan

id pasar saham australia,indeks asx 200,bursa saham

ilustrasi foto pasar saham Australia (Foto Istimewa)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka sedikit lebih rendah pada perdagangan Rabu pagi waktu setempat, terseret oleh melemahnya saham perbankan dan sektor kesehatan.

Pada pukul 10:40 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 10,70 poin atau 0,16 persen menjadi diperdagangkan pada angka 6.489,40.

Sementara itu Indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 6,60 poin atau 0,10 persen menjadi 6.577,80 pada pembukaan perdagangan, Rabu.

Meskipun terjadi ketegangan perdagangan global, sebagian besar pasar saham internasional reli semalam, namun menurut Kepala Strategi Pasar CMC Markets Michael McCarthy, "tidak semua pertumbuhan terkorelasi dengan respons pasar, dengan mata uang komoditas berkurang lebih rendah bersama dengan tembaga dan minyak mentah," katanya dalam sebuah catatan pagi untuk investor.

"Pasar berjangka menunjuk ke keuntungan kecil pada pembukaan untuk saham Asia Pasifik," lanjutnya. "Ini sangat penting untuk Indeks ASX 200, yang diperdagangkan di wilayah 'langit biru; di tertinggi baru sebelas tahun."

Ia menyebutkan tidak biasa, volatilitas meningkat dengan kenaikan indeks baru-baru ini. "Mungkin tetap meningkat seiring perkembangan domestik yang positif baru-baru ini, dengan prospek internasional yang memburuk," tambah McCarthy.

Pada sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia sebagian besar lebih rendah dengan Commonwealth Bank turun 0,81 persen, Westpac Bank naik 0,31 persen, National Australia Bank turun 0,55 persen dan ANZ turun 0,84 persen.

Saham pertambangan berada di bawah tekanan dengan BHP turun 0,37 persen, Rio Tinto turun 0,05 persen, penambang emas Newcrest turun 0,97 persen dan Fortescue Metals yang memperdagangkan ex-dividen turun tajam 8,28 persen.

Saham produsen minyak dan gas negara itu sebagian besar terangkat dengan Woodside Petroleum naik 1,05 persen, Santos naik 0,07 persen, dan Oil Search tidak berubah (0,00 persen).

Sementara itu saham jaringan supermarket terbesar di Australia melonjak dengan Wesfarmers naik 0,70 persen dan Woolworths naik 0,63 persen.

Namun saham raksasa telekomunikasi Telstra jatuh 0,70 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas melonjak 1,13 persen, dan perusahaan biomedis CSL turun 0,67 persen.
 

Pewarta : Risbiani Fardaniah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar