Meski, saat ini penetrasi perbankan digital sangat luas, masyarakat tetap membutuhkan uang kartal yang sangat besar menjelang Idul Fitri
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri Persero Tbk menyiapkan 77 titik penukaran uang pecahan kecil (UPK) di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan uang kartal menjelang Idul Fitri 1440 H.

Wakil Senior Presiden Eksekutif Bidang Operasi Bank Mandiri Aquarius Rudianto melalui keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu, menjelaskan, titik penukaran UPK itu berlokasi di sejumlah area peristirahatan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR), Tol Cipali, pasar-pasar tradisional, dan alun-alun perkotaan.

Perseroan juga menyebar titik lokasi penukaran bersama Bank Indonesia dan industri perbankan.

"Meski, saat ini penetrasi perbankan digital sangat luas, masyarakat tetap membutuhkan uang kartal yang sangat besar menjelang Idul Fitri, misalnya untuk dibagi-bagikan kepada keluarga dan tetangga di rumah atau di kampung halaman," kata Aquarius.

Dia mengatakan Mandiri menyiapkan uang kecil pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000 senilai rata-rata Rp1,3 Miliar di setiap titik penukaran per hari.

"Sejak 2 Mei 2019, kami telah melayani penukaran UPK sebesar Rp82,47 Miliar, dimana pecahan yang paling dicari adalah Rp10.000, yang mencapai 35 persen dari UPK yang telah ditukar," katanya.

Adapun karakteristik masyarakat penukar, tambahnya, memang didominasi oleh pegawai usaha dan ibu rumah tangga.

Selain lokasi tersebut, katanya, masyarakat juga dapat menukarkan UPK di seluruh cabang Bank Mandiri.

"Secara nasional, kami menyiapkan sekitar Rp2 triliun untuk penukaran UPK. Nah, sampai 16 Mei 2019, UPK yang sudah tersalur Rp1,14 triliun," katanya.

Baca juga: Bank Mandiri tebar dividen Rp241 per saham
Baca juga: Bank Mandiri siapkan tunai Rp54,9 triliun selama Ramadhan-Idul Fitri

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019