Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) meraih tiga penghargaan Indonesia Human Capital Award-V-2019 yang diselenggarakan Indonesia-Asia Institute.

Beberapa kategori yang dimenangkan oleh Pegadaian meliputi, kategori Human Capital of The Year, Best In Human Capital Strategic Execution dan menetapkan Edi Isdiwarto, Direktur SDM dan Hukum sebagai pemenang The Most Outstanding Human Capital Director.

“Kami sangat menghargai penghargaan Indonesia Human Capital Award. Apresiasi ini makin mendorong kami untuk mengimplementasikan GCG secara berkelanjutan dengan membangun sistem transparansi berbasis digital dan pengembangan big data serta SDM yang kami miliki,” ujar Direktur SDM dan Hukum Pegadaian Edi Isdwiarto dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Edi menjelaskan bahwa melalui penghargaan ini, dapat memotivasi untuk mendukung pencapian visi misi perusahaan melalui peningkatan kapabilitas (knowledge, skill and attitude).

“Karyawan dapat menjalankan tugas bidang jaringan dan penjualan dapat memberikan impact terhadap peningkatan kinerja dan bisnis perusahaan,” katanya.

Penghargaan Indonesia Human Capital Award 2019 ini merupakan apresiasi terhadap keberhasilan Pegadaian sebagai BUMN dalam melakukan transformasi digital, dari mulai membenahi Sumber Daya Manusia (SDM), produk, layanan, proses kerja dan budaya kerja yang berbasis pada tata kelola perusahaan (GCG/good corporate governance) dan kinerja PT Pegadaian (Persero) yang berbasis tekonologi informasi.

Seperti yang diketahui, Pegadaian juga semakin fokus menjalankan prinsip-prinsip pengembangan talent manajemen dan sumber daya manusia yang mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik. Oleh sebab itu Pegadaian memiliki program Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendorong penerapan GCG di dalam dan di sekitar Pegadaian.

Berdasarkan data perusahaan, jumlah pegawai organik Pegadaian mencapai 13.400 orang, sedangkan outsourcing 12.700 orang dengan jumlah outlet 4.319. Adapun dua strategi untuk meperluas memperluas jaringan yang dulu telah diubah menjadi agen Pegadaian yang berstatus sebagai mitra.

Adapun metode perusahaan dalam melakukan rekrutmen SDM dilakukan secara terbuka melalui media massa atau sarana lain agar informasi diterima oleh masyarakat secara luas.

Penerimaan SDM yang kompeten sesuai dengan persyaratan yang ditentukan dan selaras dengan perkembangan perusahaan, PT Pegadaian (Persero) melakukan pengadaan pegawai yang berazaskan kepada prinsip transparansi, akuntabilitas, independen, dan keadilan.

Baca juga: Pegadaian Kanwil Denpasar targetkan pendapatan Rp1,37 triliun

Baca juga: Pegadaian Surakarta layani penukaran uang Rp130 juta per hari

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019