Maka dari itu PDAM harus siap dan tetap meningkatkan pelayanan air bersih ke masyarakat
Ternate (ANTARA) - Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Burhan Abdurahman mengharapkan manajemen Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan, di antaranya tetap menjaga stabilitas air bersih di Kota Ternate selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Saya telah melihat secara langsung pengelolaan air bersih di PDAM untuk melihat berbagai persoalan dan kinerja yang dilaksanakan PDAM selama melayani pelanggan untuk memperoleh air bersih," kata Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman di Ternate, Jumat.

Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak), ia telah melihat dan berdiskusi dengan jajaran PDAM terkait dengan beberapa poin yang harus diketahui pelayananan, yakni, harus berinovasi karena perkembangan kebutuhan air bersih di Kota Ternate makin hari makin meningkat karena ada pemukiman baru yang muncul.

"Maka dari itu PDAM harus siap dan tetap meningkatkan pelayanan air bersih ke masyarakat," katanya.

Selain itu, PDAM juga harus mengurangi kebocoran air, karena dihitung per bulan sampai satu tahun data meter terbilang, kurang lebih Rp1,3 juta kubik air yang keluar. Namun, yang masuk di rekening hanya Rp800 juta kubik.

"Jadi yang sisanya itu akibat kebocoran, oleh karena itu PDAM harus telusuri di mana yang mengalami kebocoran agar bisa dapat mengurangi angka kekurangan air," katanya.

Wali Kota dua periode di Kota Ternate ini mengakui, kebocoran air yang terjadi bisa mengurangi pendapatan dari PDAM karena air yang ditarik dari sumur itu memakai tenaga listrik, sehingga bisa mengurangi pendapatan itu sendiri.

"Menarik air dari sumur ke atas mesti bayar listrik, tentu jika PDAM dapat mengurangi kebocoran sehingga otomatis pendapatan bisa meningkat," katanya.

Oleh karena itu, dirinya berharap PDAM harus melakukan langkah teknis untuk bisa mendeteksi air yang ada di Ternate dan harus meningkatkan pelayanan agar masyarakat bisa merasakan pelayanan dari PDAM.


Baca juga: Pasokan kebutuhan pokok di Ternate dijamin TIPD aman

Baca juga: PLN Ternate optimistis tidak terjadi pemadaman selama Ramadhan


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019