Jakarta (ANTARA) - Menelusuri sejumlah museum dan tempat pameran di Jakarta dapat menjadi salah satu pilihan tujuan untuk ngabuburit selama bulan puasa.

Tak hanya menyuguhkan banyak pengetahuan, karya-karya seni yang dipamerkan dikemas secara menarik sehingga bagus untuk diabadikan dan diunggah di Instagram.

Berikut sejumlah spot yang unik dan instagramable:

Laut Kita
Pameran bertajuk Laut Kita yang berlangsung di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, tak hanya menawarkan informasi mengenai bahaya sampah plastik, namun juga berbagai jenis instalasi yang unik.

Instalasi itu terbuat dari botol dan sedotan plastik sekali pakai, hingga kantong plastik yang banyak dijumpai di pusat perbelanjaan.

Salah Instalasi pameran di pameran Laut Kita di Plaza Indonesia (ANTARA News/Aria Cindyara

Pada Minggu (12/5), pengunjung tampak mengambil gambar dengan latar belakang limbah-limbah plastik yang dibentuk sedemikian rupa sehingga tampak seperti juntaian bunga dan dedaunan yang menggantung di langit langit.

Pameran garapan rumah mode Sejauh Mata Memandang itu terbuka untuk umum hingga 16 Juni nanti dan pengunjung tidak dipungut biaya apapun.

Motomoto
Motomoto museum yang terletak di kawasan Serpong menyediakan 23 ruangan dengan tema yang berbeda-beda. Masing-masing ruang dilengkapi dengan instalasi penuh warna yang dapat meramaikan koleksi foto untuk diunggah ke Instagram.

Beberapa di antaranya adalah ruang batik, ruang Prancis dan ruang permen. Tak hanya orang dewasa, ruang yang luas dan instalasi yang di desain agar instagrammable juga ramah bagi anak-anak.
 
Salah satu instalasi pameran di Museum Motomoto (ANTARA News/Aria Cindyara)


"Sangat family friendly, bahkan balita juga bisa," kata Cindya Harsya (25) yang baru saja mengunjungi museum tersebut bersama keluarga serta anaknya yang baru berusia sepuluh bulan.

Menurut dia, cafe yang ada di dalam museum juga menyediakan kursi tinggi bagi anak-anak di bawah lima tahun.

Harga tiket masuk ke museum ini Rp100 ribu, dan gratis bagi anak-anak di bawah usia dua tahun.

Museum MACAN
Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau yang dikenal sebagai museum MACAN telah banyak dikenal dengan instalasi yang unik dan menarik.

Saat ini, museum yang berlokasi di AKR Tower Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu tengah menggelar pameran bertajuk "Dunia Dalam Berita" yang berisi hasil karya 10 perupa kenamaan Indonesia.

Mulai dari jajaran kloset yang dilengkapi lampu LED bernuansa merah jambu, instalasi berupa jajaran 14 pahatan batu berbentuk televisi, sampai kain dengan banyak ritsleting yang menempel di tembok berukuran besar, semua menjadi bagian dari pameran yang diluncurkan pada Senin (29/4) lalu itu.
 
Salah satu instalasi pameran di Museum Macan (ANTARA News/Aria Cindyara)


Instalasi seni yang beraneka rupa, serta jajaran lukisan koleksi museum, menjadi spot yang tepat untuk membuat konten Instagram.

Pameran ini dibuka untuk umum hingga 21 Juli mendatang. Harga tiket masuk untuk umum sebesar Rp100 ribu, Rp90 ribu untuk pelajar/mahasiswa/lansia, Rp80 ribu untuk anak umur 3-12 tahun, dan gratis untuk anak di bawah 3 tahun.

Baca juga: 10 aplikasi untuk temani ngabuburit Ramadhan
 

Pewarta: Peserta Susdape XIX/Aria Cindyara
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019