Kapolda DIY ajak semua elemen masyarakat jaga kondusifitas usai pemilu

id Kapolda DIY,Irjen Pol Ahmad Dofiri,Safari Kamtibmas,Buka Puasa Bersama,Markas Kodim,Bantul

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri saat menghadiri Safari Kamtibmas dan Buka Puasa Bersama di Markas Kodim Bantul, Yogyakarta, Senin (13/5/2019). ANTARA/Hery Sidik/aa

Bantul (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Irjen Pol Ahmad Dofiri mengajak semua elemen masyarakat dan stakeholder terkait untuk menjaga kondusifitas di provinsi ini usai Pemilihan Umum 2019 yang tinggal menunggu proses rekapitulasi tingkat nasional.

"Kita bersama dengan stakeholder terkait, pemda dan instansi yang lain dan tokoh masyarakat, tokoh pemuda mari kita bersama menjaga kondusifitas," kata Kapolda DIY disela-sela menghadiri Safari Kamtibmas dan Buka Puasa Bersama di Markas Kodim Bantul, Senin.

"Mumpung momennya pun masih dalam rangka pelaksanaan pemilu dan masih ada proses penghitungan di KPU pusat, di sini kita mengajak bersama-sama untuk menjaga kondusifitas wilayah yang ada di Yogyakarta yang selama ini sudah bagus," katanya.

Menurut Kapolda DIY, semua elemen masyarakat harus bisa menjaga kondusifitas di Yogyakarta dan jangan sampai terpancing dengan upaya provokasi sehingga melakukan perbuatan atau hal-hal yang tidak diinginkan semua pihak.

"Dan seperti pertemuan hari ini menjadi bagian daripada kita mengajak warga masyarakat, seluruh tokoh dalam rangka menjaga dan menahan diri," kata Kapolda yang didampingi Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni.

Kapolda DIY mengatakan, dalam menjaga keamanan wilayah khususnya di DIY yang meliputi empat kabupaten dan satu kota ini harus menjadi tanggung jawab bersama, dan bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dari Polri dan TNI.

"Pengalaman yang sudah kita lakukan mulai kampanye kemudian tahapan coblosan kemarin itu sudah dilaksanakan dengan baik, artinya semua sudah dilalui dengan kondusif, dan ini harus kita jaga terus sampai dengan penetapan KPU 22 Mei nanti," katanya.

Kapolda DIY mengatakan, sedangkan kegiatan Safari Kamtibmas yang rutin digelar setiap tahun bertepatan dengan bulan Ramadhan ini supaya terjalin sinergitas antara Polri dengan TNI yang lebih baik demi situasi kamtibmas yang kondusif.

"Saya dengan Pak Danrem sepakat untuk supaya terjalin sinergitas, jadi pelaksanaannya pun bergantian, tahun kemarin di Polres tahun ini di Kodim juga sebaliknya. Ini tentunya merekatkan sinergitas TNI/Polri, bagaimanapun juga kita harus terus memupuk sinergitas," katanya.

Pewarta : Hery Sidik
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar