Tingkat hipotek lebih rendah minggu lalu, dengan suku bunga tetap 30 tahun menurun menjadi 4,42 persen
Washington (ANTARA) - Mortgage Bankers Association (MBA) pada Rabu (1/5/2019) menyebutkan aplikasi hipotek atau gadai di Amerika Serikat turun pekan lalu meskipun tingkat bunganya tetap lebih rendah.

Untuk pekan yang berakhir 26 April, indeks komposit pasar yang dilansir Mortgage Bankers Association (MBA) yaitu sebuah ukuran volume aplikasi pinjaman hipotek, turun 4,3 persen dari satu minggu sebelumnya.

Penurunan aplikasi hipotek terjadi meskipun tingkat bunga hipotek turun yang seharusnya dapat menyebabkan peningkatan volume aplikasi.

"Tingkat hipotek lebih rendah minggu lalu, dengan suku bunga tetap 30 tahun menurun menjadi 4,42 persen, karena kekhawatiran terhadap pertumbuhan global, khususnya di Jerman, melebihi berita domestik yang lebih positif tentang pertumbuhan PDB kuartal pertama dan investasi bisnis," kata Associate Vice President Perkiraan ekonomi dan Industri MBA, Joel Kan, dikutip dari Xinhua.

Federal Home Loan Mortgage Corporation AS mengatakan pada Senin suku bunga hipotek tetap 30 tahun diperkirakan rata-rata 4,3 persen pada 2019, di bawah rata-rata tahun lalu 4,6 persen.

Data MBA juga menunjukkan bahwa indeks pembiayaan kembali sebagai sebuah ukuran kegiatan pembiayaan kembali hipotek, turun lima persen dari minggu sebelumnya. Indeks pembelian yang disesuaikan secara musiman, menurut MBA, juga turun empat persen dari satu minggu sebelumnya.

Baca juga: BI longgarkan syarat kredit perumahan, uang muka bisa nol persen

Penerjemah: Risbiani Fardaniah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019