Beijing (ANTARA) - China dan Amerika Serikat mengadakan pembicaraan "produktif" mengenai perdagangan di Beijing pada Rabu, dan akan melanjutkan pembicaraan di Washington minggu depan, kata Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin ketika keduanya mencoba untuk mengakhiri perang dagang mereka.

Mnuchin, bersama dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengadakan diskusi satu hari, sebelum Wakil Perdana Menteri China Liu He pergi ke Washington minggu depan untuk perundingan putaran lain dalam apa yang bisa menjadi permainan terakhir untuk negosiasi.

"Duta Besar Lighthizer dan saya baru saja menyelesaikan pertemuan yang produktif dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He. Kami akan melanjutkan pembicaraan kami di Washington, D.C. minggu depan," tulis Mnuchin di akun Twitter-nya. Dia tidak memberikan rincian.

Ketiga pria itu muncul di depan kamera pada akhir pembicaraan mereka di sebuah wisma tamu negara di Beijing, mengobrol dengan ramah di antara mereka sendiri tetapi tidak berbicara dengan wartawan.

Liu menghibur tamu-tamu AS-nya pada Selasa (30/4/2019) malam setelah mereka tiba di ibukota China.

"Kita telah melakukannya. Kami memiliki jamuan makan malam yang menyenangkan, terima kasih," kata Mnuchin kepada wartawan di hotelnya di Beijing pada Rabu, ketika ditanya apakah ia telah bertemu dengan Liu pada Selasa (30/4/2019). Dia tidak menguraikannya.

Beijing dan Washington telah mengutip kemajuan dalam isu-isu termasuk kekayaan intelektual dan transfer teknologi secara paksa untuk membantu mengakhiri konflik yang ditandai oleh tarif mahal, yang telah merugikan kedua belah pihak miliaran dolar, mengganggu rantai pasokan dan mengguncang pasar keuangan.

Namun para pejabat AS secara pribadi mengatakan bahwa mekanisme penegakan untuk suatu kesepakatan dan jadwal untuk menghapus tarif merupakan hal yang sulit.

Para pejabat China juga mengakui bahwa mereka memandang mekanisme penegakan sebagai hal yang penting, tetapi mengatakan bahwa itu harus bekerja dua arah dan tidak dapat membatasi hanya terhadap China.

Di Washington, orang-orang yang akrab dengan perundingan mengatakan bahwa pertanyaan tentang apakah dan kapan tarif AS untuk barang-barang China senilai 250 miliar dolar AS akan dihapus mungkin akan menjadi salah satu masalah terakhir yang harus diselesaikan. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa ia mungkin akan mempertahankan beberapa tarif pada barang-barang China untuk "periode substansial".

Amerika Serikat juga telah menekan China untuk lebih membuka pasarnya ke perusahaan-perusahaan AS. China berulang kali berjanji untuk melanjutkan reformasi dan mempermudah perusahaan-perusahaan asing untuk beroperasi di negara itu.

Dalam komentar yang diterbitkan pada Rabu, regulator perbankan dan asuransi terkemuka China mengatakan pemerintah akan lebih lanjut membuka sektor perbankan dan asuransi.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019